4 Hal yang Membuat Warung Ngopi Tetap Populer

//4 Hal yang Membuat Warung Ngopi Tetap Populer

4 Hal yang Membuat Warung Ngopi Tetap Populer

Sebelum menjamurnya kedai kopi dengan konsep yang begitu kekinian, Indonesia sudah jauh mengenal keberadaan warung kopi sebagai salah satu tradisi. Keberadaan tempat tersebut merupakan budaya yang tidak pernah lepas. Orang-orang biasanya akan datang ke tempat itu di waktu luang pada siang hari bahkan sampai jelang malam. Karena sudah menjadi sebuah tradisi tersendiri, warung kopi itu pun sepertinya tak akan pernah hilang termakan zaman.

1. Sebagai Tempat Sederhana Namun Otentik

warung kopi sederhana

Apa yang membedakan warung kopi dan kedai kopi itu sendiri? Tentu yang membedakan di antara dua tempat tersebut adalah suasananya. Ketika Anda mendatangi warung kopi, yang akan Anda lihat adalah suara-suara yang khas. Akan ada banyak percakapan di sana. Percakapan dari beberapa orang dengan latar belakang yang berbeda-beda.

Di Indonesia sendiri, warung kopi terdapat di beberapa tempat tertentu. Misalnya, di sekitar pasar, terminal atau distasiun, dan tempat-tempat yang banyak dikunjungi orang.

Warung kopi adalah tempat yang memiliki suasana yang sederhana di mana tiap orang bisa bertemu satu sama lain. Bahkan orang-orang yang tidak saling kenal pun bisa saling sapa dan bercengkrama. Berbeda halnya denga kedai kopi yang memiliki suasana yang lebih privat dan ekslusif.

2. dengan Sajian Menu Sederhana

sajian warung kopi

Hal unik lainnya yang membuat eksistensi warung kopi tidak pernah padam adalah menu-menu yang disajikan selalu sederhana. Tidak seperti kedai kopi modern, tempat yang satu ini kebanyakan hanya menyediakan kopi susu dan kopi hitam murni yang diseduh dengan cara tradisional tanpa menggunakan peralatan khusus. Selain itu, kudapan yang tersaji biasnya hanyalah makanan sederhana seperti pisang goreng, bakwan, ketan goreng, singkong goreng, dan yang lainnya.

Meskipun demikian, kepopuleran warung kopi tradisional tersebut tidak pernah kalah dengan kedai-kedai modern lainnya. Malah, adanya warung kopi justru memberikan kesan yang otentik bagi siapa pun yang berkunjung buat sekadar menikmati kopi sederhana di sana.

3. Suasana yang Akrab dan Hangat

suasana akrab di warung kopi

Telah dikatakan sebelumnya bahwa suasana yang tersuguh di tempat ngopi yang satu ini akan berbeda dengan kedai kopi modern. Karena yang datang menikmati kopi di sana adalah orang dengan latar belakang yang berbeda-beda, maka suasana akrab dan hangat pun muncul.

Sementara untuk kedai kopi itu sendiri umumnya yang datang hanya orang-orang dari kalangan tertentu. Biasanya adalah orang dari kalangan menengah ke atas. Hal ini karena harga sajian kopi di kedai kopi biasanya lebih mahan jika dibandingkan dengan warung kopi biasanya yang menyajikan kopi tradisional.

Suasana hangat yang terdapat di tempat tersebut ada karena biasanya jarak antara satu meja dengan meja yang lainnya berdekaran. Bahkan, orang-orang yang tidak saling mengenal bisa berada dalam satu meja. Dari sana, kebanyakan orang akan saling mengakrabkan diri satu sama lain.

4. Gaya Hidup yang Merakyat

warung kopi merakyat

Ngopi merupakan gaya hidup bagi sebagian orang. Bahkan ada yang menganggap bahwa kegiatan tersebut adalah ritual yang wajib dilakukan. Dengan mengunjungi tempat ngopi apalagi berupa warung kopi, maka Anda sedang melakukan aktivitas yang merupakan gaya hidup atau life style.

Namun, menikmati secangkri kopi di kedai modern dengan di warung sederhana sangatlah berbeda. Meminum kopi di warung sederhana adalah gaya hidup yang merakyat. Bahkan, bagi sebagian orang lagi, kegiatan tersebut adalah kebutuhan yang harus terpenuhi khususnya bagi orang yang mengaku sebagai pencinta kopi sejati.

2019-08-24T03:48:14+00:00

Leave A Comment