Cerita Tentang Sejarah Kopi di Dunia

//Cerita Tentang Sejarah Kopi di Dunia

Cerita Tentang Sejarah Kopi di Dunia

Sejarah kopi memang tidak diketahui dari mana dan sebab dan muasalnya. Banyak cerita dan versi yang berbeda-beda tentang minuman unik yang satu ini. Kopi sendiri telah sangat lama menjadi minuman yang paling digemari oleh berbagai kalangan di dunia sebelum minuma jenis lain ditemukan. Bahkan, minuman yang satu ini sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian orang dan mulai menjadi tren di masa kini. Lalu, bagaimana kita bisa mengetahui asal muasal kopi sehingga menjadi minuman yang paling tersohor di penjuru bumi? Simak ceritanya!

Bagaimana Awal Ditemukannya Kopi?

sejarah kopi

Ada sebuah legenda yang menyatakan bahwa  kopi ditemukan pada pertengahan abda X di Abyssinia, Ethiopia. Saat itu, seorang pengembala mendapati kambing-kambingnya tidak tertidur seharian suntuk, ia pun terkejut pada saat itu. Sebab kebingungannya, ia pun bertanya pada seorang biarawan berkenaan keadaan kambing-kambingnya yang tak tertidur semalaman. Dari sinilah diketahui bahwa kambing-kambing yang digembalainya memakan buah yang rupanya mirip dengan ceri hingga mereka tak bisa tidur. Karena pengembala itu dikenal sebagai pengembala yang berasal dari Provinsi Kaffa, maka akhirnya buah-buah yang dimakan binatang gembalaannya dinamakan kopi.

Sejak saat itu, Ethiopia dikenal sebagai negara di mana kopi terlahir dan akhirnya dikenali banyak orang. Para biaran pun mengadakan penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa minuman yang dibuat dari biji kopi dapat menghasilkan energi lebih. Hal ini dibuktikan ketika para biarawan tersebut meminum kopi, mereka merasa lebih bertenaga.

Perkembangan kopi di Ethiopia membuat kopi semakin dikenal khalayak luas. Akhirnya negara tersebut mengekspornya ke Yaman, Saudi Arabia melalui rute Laut Merah pada pertengahan abad XV. Lalu, mengalami perluasan ekpor hingga sampai menuju Kekaisaran Ottoman dan mencapai Asia, Syria, Mesir, dan Eropa Selatan.

Sejarah Kopi dan Penyebarannya Hingga Bisa Sampai ke Indonesia

sejarah kopi

Seperti yang telah diceritakan sebelumnya, kopi awalnya ditemukan oleh seorang pengembala asal Ethiopia dan kemudian mengalami penyebaran secara meluas lewat ekspor ke berbagai wilayah di dunia.

Di Eropa sendiri, pada saat itu kopi belum dikenal oleh siapa pun hingga pada akhirnnya seorang Italia membawa stok biji kopi ke Venezuela untuk pertama kalinya. Kopi yang ia dapatkan berasal dari orang Turki. Seiring berjalannya waktu, kehadiran aroma kopi mulai terucium hampir ke seluruh wilayah eropa. Hingga pada tahun 1616, Belanda berhasl membudidayakan tanaman kopi sekaligus jadi negara penghasil kopi pertama di Eropa.

Sementara penyebaran kopi di Indonesia, telah tercatat bahwa pada tahun 1690 biji-biji kopi dibawa oleh para koloni Belanda untuk pengadaan kultivasi. Di negara kita, orang-orang Belanda pun membuka sebuah perkebunan kopi yang cukup besar dan kemudian menjualnya ke Eropa. Hingga, mereka mendapatkan keuntungan yang cukup besar dari budidaya kopi.

Bagaimana Tradisi Minum Kopi Bermula?

sejarah kopi

Kegiatan minum kopi bukan lagi sesuatu yang dianggap biasa saja. Lebih dari sekadar rutinitas. Minum kopi merupakan sebuah tradisi bagi beberapa kalangan orang. Minum kopi juga sesuatu yang dianggap istimewa. Bahkan, sebagian orang juga menganggap bahwa meminum kopi beserta kopi jenis apa yang diminum menentukan identitas seseorang.

Hampir di seluruh bagian negara di dunia mempunyai tradisi minum kopi. Di Indonesia, contohnya, ada yang namanya tradisi pesta penti yang merupakan budaya minum kopi yang terdapat di Flores, Bajawa, dan Nusa Tenggara Timur. Pesta tersebut dilakukan setiap kali datang bulan Agustus dan September.

Di beberapa negara Eropa, tradisi minum kopi memiliki istilahnya tersendiri seperti fika (Swedia), yang artinya waktu beristirahat dan minum kopi. Buna tetu (di Ethiopia) yang merupakan tradisi minum kopi dalam sebuah upacara pengusiran roh jahat. Juga terdapat beberapa tradisi minum kopi lainnya. Pada dasarnya, sejarah kopi memiliki cerita tersendiri di berbagai tempat.

2019-04-03T08:38:46+00:00

Leave A Comment