5 Jenis Alat Penyaring untuk Meracik Kopi

//5 Jenis Alat Penyaring untuk Meracik Kopi

5 Jenis Alat Penyaring untuk Meracik Kopi

Para penikmat kopi dengan teknik brew tentu sudah tak asing lagi dnegna penggunaan saringan kopi atau akrab dikenal dengan sebutan filter kopi. Menggunakan alat-alat untuk pengolahan kopi ini tentu saja sangat penting terutama bagi yang menyukai eksperimen pembuatan kopi dengan metode dan teknik yang berbeda-beda. Alat yang satu ini fungsi utamanya adalah untuk menyaring ampas kopi supaya tidak menyatu dengan kopi yang telah diseduh.

Terdapat beberapa jenis saringan kopi yang sering digunakan oleh para barista di tiap kedai kopi untuk menyajikan tiap jenis racikan kopi untuk para pelanggannya. Ada saja itu?

1. Filter Chemex

saringan kopi chemex

salah satu jeni filter kopi yang sering digunakan untuk meracik kopi adalah filter chemex. Saringan kopi yang satu ini merupakan satu dari sekian filter yang dapat memberikan rasa kopi terjernih dan netral.

Kopi yang dihasilkan dari saringan chemex ini juga dapat memberikan tekstur tipis sekaligus memberikan aroma bunga yang juga tipis pada sajian kopi yang akan dinikmati. Filter kopi yang satu ini  juga akan memberikan rasa kering di mulut ketika anda minum kopi penyaringan alat tersebut. Kopi yang diseduh akan menghasilkan karakter yang kuat, aroma yang pekat, serta cita rasa yang cenderung lebih asam yang begitu khas.

Pada umumnya alat penyaring dan penyeduh  chemex ini terbuat dari bahan dasar kaca yang menyerupai jam pasir. Selain itu, alat ini juga biasanya dilengkapi dengan pegangan berbahan kayu pada bagian tengahnya. Sementara pada bagian atasnya, terdapat kertas saring  berbentuk corong.

2. Filter Melitta Oxygen

saringan kopi Oxygen Bleached

Jenis saringan kopi Melitta Oxygen biasanya akan memberi aroma kertas bawaan. Kopi yang dihasilkan dari filter yang satu ini akan cenderung sedikit lebih berat dengan teksur yang lebih penuh. Akan tetapi, rasa kopi yang tersaji pun tidak akan bercampur dengan rasa kertas filternya. Selain itu, sarangan kopi jenis ini tidak perlu dicuci dahulu sebelum digunakan.

Terdapat dua jenis filter kopi Melitta Oxygen ini, yaitu:

  • Melitta Oxygen Bleached => Filter kopi yang berwarna putih dan terdapat aroma kertas bawaan.
  • Melitta Oxygen Natural => Filter kopi yang tidak melalui proses pemutihan dan warnanya cokelat. Filter kopi yang satu ini memberi cita rasa kayu yang tipis, terutama pada bilasan pertama dan kedua.

3. Filter Hario V60

saringan v60

 

Biasanya, kopi yang dihasilkan dengan menggunakan saringan kopi Hario V60 ini  akan memiliki cita rasa kopi yang tak  banyak berubah dengan aslinya. Dalam hal ini, rasa kopi akan cenderung stabil dan seimbang antara asam dan pahit.

Jenis filter kopi Hario V60 dapat memberikan rasa grassy pada seduhan kopi sekaligus juga memberikan rasa yang bersih, terutama bagi seduhan pertama ditambah aroma citrus yang tidak terlalu kuat.

4. Saringan Kopi Vietnam Drip

saringan kopi vietnam drip

Filter Vietnam Drip itu sendiri terbuat dari saringan berbahan metal yang diletakkan di atas cangkir dan gelas kopi khusus. ALat itu juga dikenal dengan sebutan metal cup vietnamese dripper. Yang unik dari alat penyaring kopi yang satu ini adalah karena telah berhasil menciptakan kopi racik khusus yang dibuat dengan cara menuangkan susu kental manis sebelum diseduhi dengan kopi yang telah disaring.

5. Saringan Kopi Able Kone

saringan kopi able kone

Sebetulnya, saringan Able Kone bukanlah filter kopi berbahan kertas, melainkan sejenis corong yang terbuat dari logam atau stainless steel. Pada alat tersebut, terdapat lubang kecil pada bagian bawahnya yang didesain khusus untuk dipakai bersama chemex dan alat kopi lainnya.

2019-08-27T05:33:40+00:00

Leave A Comment