Mengenal 6 Proses Produksi Kopi Puntang

//Mengenal 6 Proses Produksi Kopi Puntang

Mengenal 6 Proses Produksi Kopi Puntang

Kopi Puntang atau yang memiliki nama lain Kopi Gunung Puntang memang memiliki daya tarik tersendiri yang membedakan dengan jenis kopi lainnya. Dengan adanya budidaya tanaman kopi, proses produksi Kopi Puntang pun menarik untuk menjadi bahasan tersendiri. Bagaimana dari awalnya sebuah biji kopi hingga menjadi sebuah minuman dalam cangkir yang ada di cafe-cafe.

Proses Penanaman Kopi Puntang

proses pembuatan kopi puntang

Proses produksi Kopi Puntang yang pertama yaitu penanaman. Kopi Puntang ditanam sendiri oleh para petani yang tinggal di daerah Cimaung Jawa Barat. Terkadang para petani juga yang membantu proses pengolahan menjadi bubuk kopi. Sebelum melakukan penanaman di hutan, para petani melakukan pembibitan benih kopi terlebih dahulu, gunanya agar bibit lebih kuat saat dipindahkan ke hutan. Setelah benih dirasa cukup kuat, barulah dipindahkan ke hutan untuk perluasan pohon kopi atau menggantikan pohon kopi yang sudah mati. Pupuk yang digunakan tentu yang berbahan organik. Sebaiknya menanam di sekitar pohon lain yang memiliki akar kuat dan berbuah agar melindungi pohon kopi dari matahari. Kopi hanya membutuhkan 60 persen dari sinar matahari.

Proses Perawatan Kebun Kopi Puntang

proses produksi kopi puntang

Proses produksi Kopi Puntang yang kedua yaitu perawatan kebun. Sebenarnya untuk perawatan kebun ini sudah dilakukan sejak awal dari pemilihan lahan sampai ke pemilihan bibit unggul. Namun ada beberapa teknik yang bisa dilakukan untuk perawatan kebun. Pertama yaitu penyiraman, harus dilakukan rutin terutama pada awal penanaman yang kemudian disesuaikan dengan cuaca. Jika kemarau maka di minggu pertama, harus rutin disiram dan jika pohon kopi sudah besar barulah intensitas penyiraman dikurangi. Kedua yaitu pemupukan, pemupukan pertama saat awal penanaman kemudian dilanjutkan setiap 6 bulan sekali. Lebih baik dilakukan saat musim hujan, karena unsur hara tanah lebih tinggi dan akar akan mudah untuk menyerapnya. Ketiga pembersihan parasit yang ada dipohon kopi. Keempat pembersihan hama. Basanya diusia dua tahun, kebun kopi akan rentan terganggu hama.

Panen Kebun Kopi Puntang

panen kopi puntang

Proses produksi Kopi Puntang selanjutnya yaitu panen. Panen besar dilakukan setiap bulan April. Buah kopi yang berwarna merah berarti menandakan bahwa pohon kopi tersebut siap untuk dipetik atau dipanen. Saat Kopi Puntang pertama kali panen sudah cukup menguntungkan bagi para petani. Hingga kini, harga buah kopi sudah sekitar Rp 18.000/kilogram. Dan jika sudah menjadi biji kopi, harga akan semakin naik hingga 55 dollar atau setara dengan Rp. 779.625.

Prosesing Pasca Panen Kebun Kopi Puntang

panen kopi

Setelah buah kopi dipanen, proses produksi Kopi Puntang selanjutnya yaitu melalui proses pencucian agar bersih dari kotoran saat di kebun dan pemisahan dari biji dan kulitnya. Teknik ini masih dilakukan secara tradisional dengan bantuan para petani setempat. Biji kopi yang sudah terpisah dari kulitnya selanjutnya memasuki tahap pengeringan kopi yang dilakukan di sebuah tempat bernama Green House. Penyimpanan kopi puntang dilakukan dengan suhu antara 20 sampai 25 derajat dan ruangan yang terbuat dari papan.

Roasting Kopi Puntang

roasting kopi

Roasting ini salah satu tahap yang sangat penting dalam proses produksi Kopi Puntang. Roasting (sangrai) akan menentukan rasa yang dihasilkan dari kopi tersebut. Dasarnya, roasting dilakukan agar air dalam kopi berkurang dan memberikan aroma dari kopi. Pengaturan suhu saat roasting sangat penting agar setiap biji kopi memiliki tingkat kematangan yang sama dan warna yang sama. Biasanya warna akan bertahap dari hijau, kuning, lalu kuning kecoklatan, coklat muda, coklat kehitaman sampai menjadi hitam. Tergantung dari keinginan kopi yang ingin dibuat. Kopi arabika dari Gunung Puntang merupakan kopi yang paling banyak peminatnya karena aroma dan kepekatannya.

Packaging Kopi Puntang

packaging kopi

Sampailah di tahap terakhir proses produksi Kopi Puntang. Packaging dilakukan sesuai dengan jenis kopi, misalnya seperti varian black honey dengan ciri khas bungkus berwarna hitam dengan tulisan merk Kopi Puntang. Para produsen memang belum memiliki brand name khusus, namun dari setiap produsen memiliki ciri khas dari kemasannya masing-masing.

2019-06-27T08:41:22+00:00

Leave A Comment