Geliat Kebun Kopi di Jawa Barat  

//Geliat Kebun Kopi di Jawa Barat  

Geliat Kebun Kopi di Jawa Barat  

Booming minuman kopi saat ini memberi dampak yang baik untuk perkembangan perkebunan kopi di Jawa Barat. Sejak zaman dulu, Jawa Barat terkenal sebagai pemasok kopi terbesar di nusantara. Kontur tannah serta iklim sangat mendukung pertumbuhan tanaman kopi dengan subur.

Perkebunan yang ada di Jawa Barat memiliki karakter khas kopi yang unik. Semua tentu dipengaruhi oleh pemilihan bibit, keadaan tanah serta proses pengolahan yang dilakukan oleh pihak perkebunan. Tahukah anda perkebunan terbesar yang ada di Jawa Barat?

Berikut Beberapa Perkebunan Kopi Di Jawa Barat

perkebunan kopi di jawa barat

1. Perkebunan Gunung Puntang

Terletak di Jalan Raya Gunung Puntang Km.27 Cimaung, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Perkebunan Kopi Puntang ini menghasilkan kopi terbaik berjenis Arabic Sunda Typica. Melalui pengolahan organik, kopi dari perkebunan ini memiliki karakter yang kuat dan khas. Perkebunan seluas 8 Ha ini dikelola oleh pemilknya yang bernama Ayi Sutedja.

Kopi Puntang telah dikenal oleh dunia internasional. Ini karena Kopi Puntang memiliki aroma blueberry, floral, jasmine, vanilla, lychee, dan sweet after taste yang unik dan nikmat. Pengakuan ini ditandai dengan diperolehnya penghargaan di kontes Specialty Coffee Association of America (SCAA) 2016 Expo.

2. Perkebunan Malabar

Terletak di Jalan SMPN 1 Pasirmulya RT 05 RW 14, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung

Perkebunan Malabar masuk ke dalam Hutan Lindung. Jenis kopi yang ditanam adalah Arabica. Salah satu budidaya kopi yang dikembangkan adalah dengan melakukan fermentasi dengan menggunakan media hewan luwak. Sehingga kopi yang dihasilkan memiliki nilai jual tinggi. Kopi dari perkebunan Malabar telah masuk dunia internasional. Nama yang lebih familier adalah Java Preanger.

3. Perkebunan Mekarwangi

Terletak di Desa Mekarwangi, Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Varietas yang dikembangkan di perkebunan ini adalah Red Typica Arabica. Jenis ini terkenal dengan rasanya yang enak. Kualitas kopi dari Mekarwangi-Ciwidey ini juga telah dikenal oleh masyarakat luas, baik dalam maupun luar negeri.

4. Perkebunan Kopi Bogor

Perkebunan ini membudidayakan kopi jenis Robusta dan Arabica. Perkebunan ini terdiri dari Kecamatan Sukamakmur, Megamendung, Cigudeg, Rumpin, Pamijahan, dan Cijeruk. Luasnya mencapai 2.927 Ha. Para petani masih menggunakan cara tradisional dalam proses pengeringannya, yaitu matahari. Kopi perkebunan Bogor memiliki karakter acidty, caramelly, spicy dan chocolate. Aromanya lebih harum dan ringan ketika diminum.

5. Perkebunan Kopi Gunung Papandayan

Berlokasi di sekitar wisata Taman Alam Gunung Papandayan.

Kopi yang ditanam di perkebunaan ini bervarietas Arabica. Kopi ini telah mendapat pengakuan dari pecinta kopi memiliki rasa yang lezat. Citarasa yang dimilikinya adalah caramel lembut dengan tingkat keasaman sedang serta dominan.

Sebenarnya banyak sekali perkebunan kopi yang ada di Garut. Semua memiliki varietas yang sama, yaitu Arabica. Kondisi topografi, iklim dan suhu menjadikan daerah pegunungan di Garut sangat cocok ditanami pohon kopi. Gunung yang terkenal sebagai penghasil kopi selain gunung Papandayan adalah Gunung Cikuray, Gunung Guntur, serta Gunung Talaga Bodas.

Masih banyak lagi perkebunan kopi yang memiliki potensi baik di pasaran domestik maupun internasional. Jawa Barat memang memiliki potensi alam yang baik untuk tumbuh kembang pohon kopi yang terkenal sensitif terhadap suhu dan iklim.

Sebagai perkebunan nomor satu, Perkebunan Gunung Puntang pun tetap menjaga kualitas kopi dengan teknik penanaman serta perawatan yang terbaik.

Pantang pulang tanpa Kopi Puntang.

2019-07-18T08:22:15+00:00

Leave A Comment