Kenali Packaging dan Kemasan Kopi Puntang

//Kenali Packaging dan Kemasan Kopi Puntang

Kenali Packaging dan Kemasan Kopi Puntang

Packaging dan pengemasan kopi puntang sangat penting dilakukan oleh produsen kopi puntang agar kualitas  dapat terjaga dengan baik, sehingga akan menaikan nilai jual. Biji kopi yang cukup sensitif terhadap suhu ruangan membutuhkan treatment khusus agar tidak merusak cita rasanya.

Jenis Packaging dan Pengemasan kopi puntang

packaging dan pengemasan kopi puntang

Banyak jenis packaging atau kemasan kopi yang dapat digunakan. Diantaranya adalah:

1. Karung Goni

Kemasan ini biasanya dipakai untuk jumlah kopi dalam partai besar dan masih berupa biji. Sebagai alat kemas yang terbuat dari kain, karung goni ini dapat menjaga kelembaban biji kopi pada saat pendistribusian mulai dari perkebunan hingga pada tempat pengolahan.

2. Kertas Greaseproof

Bahan dasar kertas yang telah memperoleh standarisasi untuk makanan ini sering digunakan khusus untuk mengemas kopi. Bahan ini mampu menyerap minyak kopi dengan baik sehingga kualitas kopi dapat terjaga. Namun kemasan penyimpanan ini hanya bersifat sementara saja, sehingga disarankan untuk segera memindahkan kopi dalam tempat yang lebih kedap udara.

3. Standing pouch one way valve

Kemasan ini berbahan alumnium foil yang dapat menahan sinar matahari. Selain itu pouch memiliki seal yang dapat mengeluarkan karbondioksida. Zat ini biasa muncul pada kopi setelah melewati masa roasting. Kemasan pouch dapat menjaga aroma serta kesegaran kopi dalam jangka waktu lama karena kemasannya yang kedap udara.

4. Glass cofee canister

Kaca yang menjadi bahan dasar kemasan ini membuat tampilan kopi menjadi ebih elegan. Tak hanya itu, kemasan ini juga cukup baik untuk meyimpan kopi dalam jangka waktu lama, baik kopi bubuk maupun biji. Warna kopi yang dapat terlihat jelas dari balik kaca, akan membuat penasaran dan mengundang daya tarik dari konsumen.

Arti Keterangan Pada Packaging dan Kemasan Kopi

packaging kopi puntang

Dalam setiap kemasan kopi, terdapat beberapa keterangan yang dapat menjadi panduan bagi konsumen untuk mendapatkan informasi penting mengenai kopi. Informasi itu antara lain:

1. Brand => Sebuah brand atau merk produsen tentu akan membawa identitas dari kopi yang ditawarkan.

2. Asal daerah kopi => Asal kopi akan mempengaruhi kualitasnya. Oleh karena itu penting mencantumkan asalkopi agar dapat memberikan kepercayaan pada konsumen.

3. Level roasting => Proses roasting (sangrai) akan mempengaruhi tingkat kepahitan kopi, yaitu light, medium, medium dark dan dark roast.

4. Tasting notes atau cupping notes => Proses ini merupakan observasi yang dilakukan para ahli sebelum sampai pada konsumen. Hal ini dilakukan untuk menentukan kualitas kopi.

5. Ketinggian => Semakin tinggi tanaman kopi itu ditanam, biasanya memiliki rasa yang lebih nikmat. Maka bagi sebagian penikmat kopi penting sekali mengetahui ukuran ketinggian dari pohon kopi itu berasal.

6. Berat => Besaran berat penting diperhatikan dalam kemasan yang akan disesuaikan dengan harga penjualan.

7. Tanggal sangrai => Untuk mengetahui kesegaran serta umur kopi, maka konsumen dapat memperhatikan tanggal sangrai.

8. Tingkat kehalusan => Beberapa brand menjual kopi bubuk dengan tingkat kehalusan yang berbeda.

Seperti halnya Kopi Puntang, menyajikan berbagai jenis kemasan untuk memfasilitasi para penikmatnya. Kemasan eksklusif dengan berbagai komposisi dapat menjadi pilihan terpercaya bagi para konsumen. Kopi Puntang memiliki 7 varian kopi dengan 5 packaging yang disesuaikan dengan berat kopi. Pastikan untuk selalu memperhatikan informasi dalam kemasan agar Anda dapat mengetahui jenis kopi mana untuk dinikmati. Selamat mencoba nikmatnya Kopi Puntang.

2019-07-22T07:47:38+00:00

Leave A Comment