Menyusuri Jejak Langkah Pabrik Kopi Bandung

/, Coffee/Menyusuri Jejak Langkah Pabrik Kopi Bandung

Menyusuri Jejak Langkah Pabrik Kopi Bandung

Pabrik kopi Bandung masih eksis. Kita tak dapat mengelak bahwa terdapat beberapa pabrik kopi yang tumbuh di wilayah itu. Negara kita ini merupakan negara yang salah satunya mengandalkan hasil tani sebagai pengahasilannya. Biji kopi yang tumbuh di pegunungan Indonesia hampir terkenal hingga ke penjuru dunia, seperti kopi gayo dari Aceh, kopi Toraja, kopi Kintamani, dan masih banyak lagi. Satu dari sekian banyak yang namanya sedang naik daun adalah kopi gunung puntang. Kita mengenalnya sebagai kopi terbaik di dunia setelah mendapatkan penghargaan pada tahun 2016 dalam sebuah kompetisi.

Perkembangan Industri dan Pabrik Kopi Bandung

pabrik kopi

Banyak hal unik yang dapat kita rasakan ketika sedang meminum kopi. Kopi Puntang contohnya, keunikannya terletak pada rasanya yang khas campuran manis-asam-pahit. Pantaslah jika kopi puntang sendiri mendapat gelar tersebut. Setelah pencapaian itu, akhirnya industri bernama Speciality Coffee semakin melirik Indonesia karena beragam keunikan cita rasa kopi yang ada di nusantara.

Kopi puntang itu sendiri di tanam di pegunungan Puntang pada ketinggian sekitar 1.300 mdpl, Kabupaten Bandung, Jawa Barat – yang masih berada dalam satu kawasan bersama gunung Malabar. Kopi ini memiliki pamor yang luar biasa dan akhir-akhi ini banyak diminati para pencinta kopi.

Para produsen yang bergelut di bidang industri perkopian ini, khususnya kopi puntang berusaha mengembangkan pemasarannya dengan berbagai macam cara. Contohnya, seperti memasarkannya secara online (dalam jarigan) maupun dengan cara offline (luar jaringan). Untuk mengenalkannya ke khayalayak luas, kopi puntang yang diproduksi melalui pabrik kopi bandung kemudian di jual ke beberapa pemiliki kafe atau kedai-kedai kopi. Hal ini tentu menjadi usaha yang cukup efektif dalam memajukan perkembangan industri kopi.

Beberapa Pabrik Kopi Bandung

pabrik kopi bandung

Fenomena naiknya industri perkopian sebetulnya bukan hal yang baru. Hal ini disebabkan bahwa tradisi “ngopi” juga sudah ada sejak masa penjajahan. Artinya, dunia kopi sudah eksis sejak dari dulu, termasuk di Jawa Barat.Terdapat beberapa pabrik kopi yang hingga saat ini masih beoperasi di kota kembang ini. Beberapa di antaranya:

1. Pabrik Kopi Aroma

Pabriik kopi Bandung yang satu ini adalah yang masih beropersi dan juga melegenda. Lokasinya berada di Jalan Banceuy Nomor 51, berdekatan dengan Alun-alun Bandung, dan beberapa tempat bersejarah lainnya. Pabrik kopi ini masih berbentuk bangunan lama yang terdapat banner atau tulisan dengan ejaan lama “Aroma Paberik-Kopi” – didirakan sejak tahun 1930 oleh seseorang bernama Tan Houw Sian.

Para pembeli kopi di sini merupakan dari kalangan penikmat kopi secara langsung maupun penjual (reseller), dan juga sekadar membeli untuk dijadikan oleh-oleh khas Pahayangan.

2. Pabrik Kopi Malabar

Pabrik kecil ini berada di Jalan Gardujati – yang termasuk ke dalam kawasan pecinaan di daerah Bandung.  Pabrik kopi Bandung yang satu ini masih dioperasikan hingga kini, namun keberadaannya tak lagi dikenali. Setiap kali Anda melewat ke sana, dapat dipastikan Anda akan mencium aroma khas kopi yang menenangkan. Meskipun sepertinya “masa kejayaan” dari pabrik kopi Malabar ini sudah lewat, namun para generasi pemilik tempat itu masih menjaganya.

3. Pabrik Kopi Javaco

Di kawasan pecinaan Jalan Kebonjati Nomor 69, sebuah bangunan tua masih kokoh berdiri. Pendiri pabrik kopi Javaco, warga Tionghoa asli Malang bernama Liem Kim Gwan mendirikan pabriknya pada tahun 1928, yang sampai saat ini masih dihuni oleh generasi setelahnya. Namun ternyata, sekarang bangunan ini hanya dijadikan toko penjualan kopi.

2019-05-25T13:23:22+00:00

Leave A Comment