Berikut 4 Negara Pengkonsumsi Kopi Terbanyak Di Dunia

//Berikut 4 Negara Pengkonsumsi Kopi Terbanyak Di Dunia

Berikut 4 Negara Pengkonsumsi Kopi Terbanyak Di Dunia

Meminum kopi kini bukan lagi hanya sekadar menyeduh bubuk kopi dan gula dengan air panas. Namun semakin maraknya kafe atau kedai kopi dengan menjadikan kopi sebagai minuman favorit banyak orang. Mulai dari kedai kopi tradisional sampai kafe mewah di pusat perbelanjaan, kopi kini tampaknya sudah tidak bisa dipisahkan dari gaya hidup. Namun ada negara pengkonsumi kopi terbanyak di dunia yakni Finlandia.

Meskipun telah banyak aneka coffe shop yang semakin menjamur di Indonesia, namun ternyata tingkat konsumsi kopi penduduk Indonesia masih tergolong belum cukup tinggi di dunia. Namun Indonesia menjadi negara berbesar ke 4 sebagai penghasil kopi terbanyak di dunia.

Kopi Arabika yang berasal dari Sulawesi Toraja juga memiliki reputasi yang luar biasa di mata dunia. Rasa gurih dan segarnya yang unik menjadikan kopi ini digilai oleh para pecinta kopi. Namun, terlepas dari statusnya sebagai negara penghasil biji kopi kelas dunia, ternyata tingkat konsumsi kopi di negara kepulauan terbesar ini tidaklah setinggi negara lainnya.

Finlandia Sebagai Pengkonsumsi Kopi Terbanyak Di Dunia

finlandia pengkonsumsi kopi

Kebiasaan mengkonsumsi kopi orang Finlandia ini tak hanya muncul begitu saja, Ada beberapa faktor yang menyebabkan begitu gilanya masyarakat di seluruh Finlandia dalam mengonsumsi kopi.

Menurut data dari International Coffee Organisation rata-rata orang Finlandia mengonsumsi 12 Kg kopi dalam setahun. Itu sama dengan rata-rata 10 cangkir perhari untuk satu orang.

Kebiasaan orang Finlandia sebagai negara pengkonsumsi kopi terbanyak di dunia ini hadir karena beberapa faktor. Pertama tentu saja melibatkan budaya dan kebiasaan. Menurut sumber dari Samuli Ronkanen sebagai pemilik dari Helsinki’s Good Life Coffee , masyarakat Finlandia selalu harus meminum kopi yang disajikan tuan rumah saat mereka berkunjung ke rumah teman atau keluarga. Menolak minum kopi karena alasan apapun akan dianggap tidak sopan. Jadi meskipun kamu sudah meminum bercangkir kopi tapi saat berkunjung menyeduhkan kopi untukmu kopi itu harus kamu habiskan.

Norwegia Sebagai Negara Pengkonsumsi Kopi Terbanyak Kedua

norwegia konsumsi kopi

Norwegia didapuk sebagai negara kedua yang begitu menggilai kopi. Konsumsi kopi di negara ini mencapai 9,9 kg per kapita. Sehingga rata-rata penduduk Norwegia meminum kopi sekitar 3 cangkir setiap hari.

Barangkali karena wilayahnya yang beku dan memiliki musim dingin berkepanjangan, atau penduduknya saja yang gemar minum kopi. Apapun alasannya, orang-orang Skandinavia ini memang telah terkenal sebagai negara pengkonsumsi kopi.

Bahkan Oslo yang merupakan kota terbesar di Norwegia ini pun dikenal sebagai kota yang hanya mau mengonsumsi kopi yang berasal dari biji-biji berkualitas premium. Mereka juga sangat jarang menambahkan entah cream atau gula ke dalam kopi mereka.

Islandia Dengan 9 kg Per Kapita

islandia

Negara pengkonsumsi kopi terbanyak ketiga adalah Islandia. Negara yang beribu kota di Raykjavik ini memang menjadi negara juara ketiga sebagai pengkonsumsi kopi di dunia. Jumllah konsumsi kopi masyarakat Islandia perkapita mencapai 9 kilo gram.

Hal ini artinya setiap warga Islandia akan meminum kopi sebanyak dua hingga tiga cangkir kopi setiap harinya.

Denmark Negara Pengkonsumsi Kopi Dengan 8,7 Kg Per Kapita

denmark

Denmark yang terkenal dengan kepiawaian masyarakatnya dalam olahraga bulu tangkis setelah Indonesia ini ternyata juga memiliki penduduk yang sangat gemar mengkonsumsi kopi. Jumlah konsumsi kopi per kapita masyarakat Denmark bahkan hingga 8,7 kg. Maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata orang Denmark minum sekitar 2-3 cangkir kopi setiap harinya.

2019-05-17T05:52:32+00:00

Leave A Comment