Indonesia Sebagai Negara Penghasil Kopi Terbesar Ke 4 Di Dunia

//Indonesia Sebagai Negara Penghasil Kopi Terbesar Ke 4 Di Dunia

Indonesia Sebagai Negara Penghasil Kopi Terbesar Ke 4 Di Dunia

Semua orang dunia mengetahui apa itu kopi. Yah, kopi memang minuman yang sangat di minati oleh seluruh orang di dunia. Sebagian besar manusia di muka bumi ini juga pasti pernah mencicipinya. Rasanya hampir sebagian besar orang menyukai minuman berkafein yang satu ini. Entah sebagai teman untuk mengerjakan tugas, saat kumpul bersama teman, menikmati camilan, nonton televisi atau film, sambil lihat klub favorit, hingga begadang. Namun negara mana yang menjadi negara penghasil kopi terbesar di dunia? Dan negara mana yang merupakan peminum tersbesar? Apakah Indonesia termasuk di dalamnya?

Berdasarkan data yang dirilis International Coffee Organization, negara penghasil kopi sekaligus pengekspor terbesar di dunia adalah negara yang berasal dari Benua Amerika Latin serta Asia Pasifik.

Karakter Negara Penghasil Kopi

karakter negara penghasil kopi

Tanaman kopi adalah tanaman yang tidak dapat hidup di sembarang tempat. Cara penanaman serta perawatannya memiliki teknik yang khusus demi menghasilkan kopi yang berkualitas dan mampu bersaing di pasar global.

Untuk memperoleh kopi dengan kualitas rasa dan aroma terbaik, maka iklim dan kondisi cuaca harus mendukung pertumbuhan tanaman kopi. Hal ini karena kopi merupakan tanaman tropis dengan habitat untuk budidaya terletak di antara 20° garis LU/LS.

Perkebunan kopi yang terletak di area tersebut terbentang mulai dari Amerika Selatan, Amerika Tengah, Asia Selatan, Asia Tenggara, hingga Afrika. Jadi ada kurang lebih 70 negara penghasil kopi, tapi 5 negara ini dikenal sebagai penghasil kopi terbesar di dunia. Yakni Brazil, Vietnam, Kolombia, Indonesia dan Honduras.

Negara Peminum Kopi Terbanyak

negara peminum kopi

Jika berbicara perihal konsumsi kopi, maka ada dua negara yang penduduknya menyeruput lebih dari 10 kilogram per orang per tahun, yaitu Finlandia dan Swedia.

Berdasarkan data Organisasi Kopi Internasional, orang-orang Finlandia minum kopi 12,5 kilogram setiap tahun.

Selain Finlandia dan Swedia, tiga negara berikutnya adalah Islandia, Norwegia, dan Denmark. Semuanya adalah negara Skandinavia. Mungkin mereka perlu minum kopi untuk bertahan menghadapi hari-hari yang dingin.

Indonesia Sebagai Negara Keempat Penghasil Kopi Terbanyak Di Dunia

indonesia penghasil kopi

Indonesia merupakan salah satu negara terbesar pengekspor kopi di dunia setelah Brazil, Vietnam, dan Kolombia. Dengan jumlah ekspor mencapai sekitar 666 ribu ton per tahunnya.

Ada banyak jenis kopi yang diekspor Indonesia, mulai dari kopi gayo asal Aceh, kopi kintamani dari Bali, kopi luwak, kopi Flores, dan masih banyak lagi.

Meskipun eksistensi dalam dunia perdagangan kopi internasional tak setenar Vietnam atau bahkan Brazil, tapi lokasi Indonesia yang strategis disertai iklim tropis menjadikannya sebagai “rumah” yang pas untuk pertumbuhan tanaman kopi. Benar saja, total produksi kopi Indonesia pada masa panen 2017/2018 mencapai 636,000 ton. Jumlah ini diperoleh dari lahan perkebunan kopi seluas 1 juta hektar, dengan lebih dari 90% lahan pertanian dikerjakan dalam skala kecil.

Beberapa daerah penghasil kopi di Indonesia yang mendunia tersebar di Sumarta, Jawa, Sulawesi, Papua dan juga Nusa Tenggara Timur. Cita rasa kopi pun berbeda dan masing-masing punya keunikannya serta aromanya tersendiri. Salah satu kopi asal Indonesia yang paling jadi favorit di seluruh dunia adalah kopi luwak.

Kopi Luwak Sebagai Unggulan

kopi luwak

Kopi luwak adalah salah satu jenis kopi unggulan dari Indonesia, dengan bantuan luwak yang merupakan hewan semacam musang sebagai mediator fermentasi alami. Luwak yang senang sekali mencari buah buahan dengan cukup baik dan masak sebagai makanannya, termasuk buah kopi. Dengan indra penciumannya yang peka, luwak akan memilih buah kopi yang betul-betul matang sebagai makanannya.

2019-05-27T14:14:17+00:00

Leave A Comment