5 Manfaat Penggunaan Masker Berbahan Kopi

//5 Manfaat Penggunaan Masker Berbahan Kopi

5 Manfaat Penggunaan Masker Berbahan Kopi

Kopi memiliki banyak sekali manfaat, bahkan juga digunakan untuk alasan kecantikan. Salah satu produk perawatan yang sedang populer digunakan saat ini adalah masker kopi untuk perawatan wajah. Ternyata masker dari kopi bubuk memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk kulit wajah yang tengah dihadapkan dengan berbagai macam keluhan. Lalu apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari hal tersebut?

Kandungan pada Masker Kopi

kandungan masker kopi

Manfaat kopi bagi kesehatan tidak hanya bisa Anda dapatkan dari dalam, tapi juga dari luar. Di dalam kopi, terdapat sumber antioksidan yang sangat baik untuk menutrisi kulit juga sebagai penangkal radikal bebas.

Bahkan penggunaan kopi sebagai maker wajah ini diduga dapat meredakan berbagai masalah kulit. Misalnya mencegah datangnya jerawat, menghilangkan wajah kusam, meningkatkan aliran darah, serta dapat menyeimbangkan kada pH untuk kulit.

Apa saja yang terkandung dalam masker dari kopi itu sendiri?

  • Riboflavin (vitamin B-2)
  • Niasin (vitamin B-3)
  • Magnesium
  • Kalium
  • Berbagai senyawa fenolik
  • Antioksidan.

Pengaplikasian masker wajah memang akan sangat bermanfaat bagi kulit Anda kerena memang memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan. Selain itu, cara membuat masker dari bahan kopi itu cukup mudah dan dapat dilakukan dirumah.

Caranya adalah cukup mencampur bubuk kopi hitam dengan air secukupnya. Kemudian diaplikasikan seperti masker pada umumnya.

Manfaat Masker Kopi Bagi Kulit Wajah

manfaat masker kopi

Jadi apa saja manfaat dari masker kopi khususnya bagi kulit wajah?

1. Melawan Tanda Penuaan di Wajah

Kopi mengandung senyawa antioksidan, yaitu polifenol yang dapat bermanfaat sebagai anti-aging. Polifenol pada kopi dapat melawan tanda-tanda penuaan di wajah serta dapat menangkal radikal bebas.

Tidak hanya itu, polifenol ini mampu mencegah kerusakan DNA akibat sinar UV pada wajah yang menjadi salah satu penyebab penuaan dini.

Penggunaan masker kopi secara teratur akan membuat Anda terlihat lebih awet muda. Selain itu, masker dari kopi itu sendiri mampu mengurangi keriput, menyamarkan flek hitam, dan tanda-tanda penuaan lainnya.

2. Sebagai Bahan Eksofolasi Kulit

Di dalam kopi juga mengandung Asam caffeic dan antioksidan yang dapat meningkatkan kadar kolagen. Hal ini juga memiliki sifat antimikroba, yang berarti dapat membantu melindungi kulit terhadap kuman.

Bubuk kopi dapat dijadikan sebagai bahan eksofolasi karena  merupakan pengelupas yang bagus untuk sel-sel kulit mati dengan butiran kopi yang tidak larut dalam air.  Selain itu, hasil penelitian (tahun 2013) menunjukkan bahwa zat dalam kopi juga membantu meningkatkan kulit yang sehat.

3. Mengobati Jerawat

Anda bisa menggunakan masker kopi untuk mengatasi masalah jerawat di wajah Anda. Hal ini dikarenakan kopi mengandung zat-zat yang memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri. Sifat antiinflamasi dan antibakteri pada kopi tersebut sangat berguna untuk melawan bakteri-bakteri penyebab jerawat di kulit wajah.

Untuk kulit yang memiliki bekas jerawat yang kehitaman, Anda dapat mngaplikasikan kopi dengan campuran madu.

4. Menyamarkan Pori-Pori

Jika pori-pori wajahmu besar, maka wajahmu akan mudah berminyak, menimbulkan komedo, jerawat, serta masalah kulit lainnya yang begitu merepotkan. Cara mudah untuk menyamarkan pori-pori yang terlihat besar adalah dengan  menggunakan masker kopi secara rutin sehingga wajah pun akan bebas dari minyak, komedo dan jerawat yang sering muncul.

5. Menyamarkan Mata Panda

Mata panda adalah salah satu masalah yang bisa saja terjadi pada tiap orang yang akan membuat tampilan semakin lesu dan tidak segar. Anda dapat  membuat masker kopi dari ampasnya untuk  dioleskan dibawah mata sebagai penyamar mata panda. Untuk hasil yang maksimal kamu bisa rutin melakukannya dua hingga tiga kali dalam satu minggu.

 

 

2019-08-24T05:01:13+00:00

Leave A Comment