4 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh Yang Jarang Orang Ketahui

//4 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh Yang Jarang Orang Ketahui

4 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh Yang Jarang Orang Ketahui

Minum kopi kini sudah semakin mendarah daging dan menjadi tren di Indonesia sejak menjamurnya kedai-kedai kopi kekinian. Selain rasanya yang khas, ternyata kopi juga memiliki manfaat kopi bagi kesehatan tubuh pengkonsumsinya.

Sebagian orang menganggap bahwa manfaat kopi selama ini hanya sebagai penambah energi, atau sebagai penawar ketika kantuk menerjang. Padahal, banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa kopi juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

Kopi sendiri kini merupakan salah satu minuman paling populer di dunia. Kopi murni yang dikonsumsi tanpa gula maupun susu, yang mana dalam satu cangkir kopi mengandung antioksidan yang tinggi dan beberapa nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, seperti riboflavin (vitamin B2), asam pantotenat (vitamin B5), mangan, kalium, natrium, magnesium, dan niacin (vitamin B3).

Bahkan sejumlah study menyebutkan bahwa manfaat kopi bagi tubuh jika anda rajin mengkonsumsi 2 hingga 3 cangkir dalam satu hari. Maka akan memiliki resiko lebih rendah dalam terjangkit penyakit yang serius seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, kanker, gangguan hati dan Parkison.

Berkut ini adalah 4 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat kopi bagi kesehatan tubuh

  1. Untuk Melawan Kanker

Kopi sempat diyakini sebagai salah satu penyebab kanker. Namun peneliti tidak mempertimbangkan faktor lainnya, seperti kebiasaan merokok dan juga meminum alkohol. Kini telah tebukti bahwa manfaat kopi bagi kesehatan tubuh yakni dapat melindungi tubuh dari kanker tertentu dan memperbaiki DNA.

Peneliti lain juga menyebutkan bahwa meminum kopi dapat melawan resiko kanker usus besar, kanker mulut, kanker kerongkongan serta kanker dubur.

Menurut penelitian, kopi memiliki senyawa kimia berupa  senyawa anti-inflamasi dan antioksidan yang sangat aktif, seperti methylpyridinium. Kopi espresso bahkan memiliki 2 hingga 3 kali lipat senyawa anti kanker yang bagus manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

  1. Mengurangi Resiko Diabetes Tipe 2

Beberapa peneliti menyatakan semakin orang sering mengkonsumsi kopi tanpa gula, maka akan semakin kecil kemungkinan untuk terkena resiko diabetes tipe 2.

Hal tersebut diperkuat melalui hasil survey yang dilakukan oleh UCLA School of Public Health and Medicine. penelitian tersebut melibatkan 700 responden perempuan pada tahun 2011. Hasil survey bahkan menunjukan bahwa jika perempuan yang menopouse meminum 4 cangkir kopi sehari akan mampu menurunkan resiko diabetes tipe 2 hingga angka 50%.

Bahkan pada tahun 2009, para peneliti Australia menemukan bahwa manfaat kopi untuk mengobati diabetes. peneliti Austalia ini mengatakan bahwa manfaat kopi bagi kesehatan tubuh, yakni satu cangkir kopi akan dapat mengurangi resiko penyakit diabetes tipe 2 sebesar 7%.

  1. Mencegah Depresi

Manfaat kopi bagi kesehatan tubuh selain sebagai pengurang resiko terkena diabetes tipe dua dan melawan kanker. Yaitu adalah kopi dapat mengurangi resiko depresi. Para ilmuan dari Harvard School of Public Health melaporkan bahwa orang yang meminum 4 cangkir kopi atau lebih per harinya akan memiliki resiko 20% lebih rendah dalam mengalami depresi.

Sedankan orang yang meminum kopi dua hingga tiga cangkir kopi dalam satu hari akan mwmiliki resiko 15% lebih rendah untuk terkena depresi.

  1. Mempertahankan Tubuh Tetap Langsing

Kopi hitam yang dihidangkan tanpa gula merupakan salah satu minuman yang mengandung kalori dalam jumlah yang sangat rendah. Selain itu, kandungan kafein dalam kopi juga mampu mempercepat metabolisme dan membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Oleh karena itu, kopi dipercaya bermanfaat untuk membantu menjaga tubuh tetap langsing.

https://www.youtube.com/channel/UCskkhWjRpH0AkoOtzVpEkoQ

 

2019-05-17T06:42:10+00:00

Leave A Comment