Mengetahui Perbedaan Kopi Latte, Kopi Macchiato dan Latte Macchiato

//Mengetahui Perbedaan Kopi Latte, Kopi Macchiato dan Latte Macchiato

Mengetahui Perbedaan Kopi Latte, Kopi Macchiato dan Latte Macchiato

Nongkrong di kedai kopi adalah sesuatu yang sudah menjadi trend bagi anak muda sekarang, selain itu trend dalam penyajian kopi juga semakin beragam dan kedai kopi mulai memiliki banyak inovasi baru untuk mengundang konsumen. Secangkir kopi yang dihidangkan oleh kedaai kedai kopi kini sudah bukan hanya menjual rasa, namun juga tempat nongkrong serta art yang dituangkan dalam media kopi tersebut. Seni melukis susu diatas kopi espresso ini sudah menjadi primadona bagi pecinta kopi di Indonesia. Sebab tak hanya diminum, namun keindahan yang hadir dalam kopi semacam ini juga yang menjadi daya tarik tersendiri. Salah satunya adalah jenis latte macchiato.

Sedangkan minuman turunan espresso sangatlah beragam, ada cappuccino, long black, flat white, latte, macchiato dll. Diantara turuan espresso yang ada, latte dan cappuccino merupakan yang paling popular. Namun ada yang salah kaprah dalam penyajian latte di Indonesia, yakni kebanyakan kedai kopi di Indonesia itu menyajikan latte menggunakan tiga layer (lapis), dan ini merpakan latte macchiato bukan kopi latte.

Perbedaan Caffe Latte dan Latte Macchiato

perbedaan latte dan macchiato

Indonesia sering kali tidak bisa membedakan Antara mana caffe latte dan latte macchiato. Perbedaan dari kedua minuman ini terletak pada proporsi antara kopi espresso dan susu. Caffe latte sendiri lebih menonjolkan rasa kopinya, sedangkan untuk minuman jenis ini lebih menonjolkan rasa susu.

Secara lazim, caffe latte akan menggunakan susu panas yang dituangkan kedalam cangkir yang sudah berisi espresso. Selain itu, Antara susu dan espresso yang tercampur dalam caffe latte. Kemudian sebaiknya minuman ini terdiri dari lapisan Antara susu dan espresso, dan lebih menonjolkan penggunaan busa yang dihasilkan dari susu yang dipanaskan. Sedang di dalam minuman ini, espresso ditambahkan belakangan setelah susu.

Kesalahan lainnya juga sering terjadi dari persesi dalam penyajin kopi, sebab penyaji kopi di Indonesia kini lebih sering menonjolkan sisi late art dan menomerduakan rasa. Padahal diantara keduanya harus berlajan beriringan. Jadi seni yang ada dalam secangkir kopi bukan hanya sebatas tampilan saja. Namun, dari langkah-langkah penyajiannya, mulai dari memilih biji kopi hingga disajikan kepada pelanggan.

Rasio Dalam Latte Macchiato

rasio latte machiato

Latte macchiato adalah latte (susu) yang dinodai dengan kopi. Sedangkan caffe macchiato adalah kopi yang dinodai dengan susu.

Jadi kalau begitu apa bedanya antara cafe latte, caffe macchiato dan latte macchiato? Kata kuncinya ada didalam rasio antara espresso dan susu yang digunakan dalam penyajiannya. Sebab walaupun sama-sama berbahan dasar espresso dan susu, dengan perbandingan yang berbeda akan menghasilkan minuman yang berbeda. Dan tentu saja dengan rasa pastinya yang tidak akan sama.

Untuk kopi macchiato akan menggunakan perbandingan 1:1 antara espresso dan susu. Kemudian susu yang dipakai adalah susu yang telah dibuihkan dengan cara di steam. Sedangkan untuk hidangan ini, perbandingan yang digunakan adalah 1 bagian espresso dengan 4 bagian susu. Kemudian untuk caffe latte hanya menggunakan 3 bagian susu untuk 1 bagian espresso. Sehingga hidangan ini merupakan minuman yang paling banyak memakai susu, dan caffe macchiato mempunyai rasa kopi yang paling kuat.

Cara Penyeduhan Caffe Macchiato dan Latte Macchiato

cara meyeduh

Selain memiliki rasio antara espresso dan susu yang berbeda, cara penyeduhan hingga rasa yang dihasilkan, maka masih ada beberapa perbedaan mendasar antara latte macchiato dan caffe macchiato. Yaitu :

  1. Caffe macchiato disajikan dalam cangkir kecil sedangkan untuk miuman jenis ini disajikan dalam gelas berukuran besar.
  2. Biasanya caffe macchiato dihiasi dengan sentuhan latte art sederhana seperti bentuk heart sedangkan minuman jenis ini biasanya dihias dengan penyajian yang berlapis (layering)
  3. Karena disajikan secara berlapis, penyajian minuman ini biasanya tidak diaduk. Sedangkan pada caffe macchiato espresso dan susu langsung tercampur ketika susu dituang ke cangkir.
2019-05-27T14:19:45+00:00

Leave A Comment