Mengenal Lebih Jauh Karakter Kopi Toraja

/, Coffee/Mengenal Lebih Jauh Karakter Kopi Toraja

Mengenal Lebih Jauh Karakter Kopi Toraja

Kopi Toraja merupakan salah satu kopi Nusantara yang sudah dikenali bahkan sudah sampai di pasar internasional – yang sudah sama-sama diekspor seperti kopi Gayo, Kopi Luwak, dan yang lainnya. Iistilah lain dari kopi tersebut adalah Calebes Kalosi. Pada umunya, kopi jenis ini berasal dari  varian kopi robusta ataupun kopi arabika.

Tempat Asal

kopi toraja

Selain budaya dan komunitas etnisnya, Sulawesi adalah daerah yang akan menawarkan berbagai pemandangan yang indah untuk ditampakkan. Tak jauh dari itu, Sulawesi juga akan menawarkan citarasa kopi yang nikmat dan unik. Demikian pula kopi ini yang akan membuat Anda tergugah untuk menikmatinya di waktu-waktu santai. Kopi ini digemari oleh para pencinta kopi baik di wilayahnya sendiri, di negeri ini, maupun luar negeri.

Seperti namanya, kopi tersebut berasal dari nama wilayahnya, yakni Toraja. Wilayah tersebut berasal dari Sulawesi Selatan, tepatnya ada di sebelah utara Kota Makasar. Meskipun perkebunan kopi di Tana Toraja ini tidak terlalu luas, namun keberadaan kopi Toraja ini memiliki tempat bagi para penikmat kopi.

Memiliki citarasa yang begitu khas dan unik. Kopi tersebut juga ditanam di area pegunungan yang memiliki ketinggian dari 1.400 meter dari permukaan air laut bahkan mencapai 2.100 meter dari permukaan air laut (di pegunungan Sesean). Itu yang menyebabkan kopi ini terasa berbeda jika dibandingkan dengan kopi-kopi lain. Kopi jenis ini ditanam secara berdampingan dengan daerah yang ditanami rempah-rempah.

Tak ada salahnya jika Anda mengunjungi beberapa kafe atau kedai-kedai kopi yang menawarkan kopi nikmat ala Tana Toraja ini. Namun, bersiap-siaplah dengan tawaran harga yang cukup fantastis untuk sekadar secangkir kopi. Lain halnya jika Anda memang benar-benar menyukainya yang menawarkan rasa serta aroma asli kopi yang mantap dan nikmat.

Karakter Kopi Tana Toraja

kopi toraja

Bentuk yang dimiliki kopi khas Tana Toraja ini sendiri biasanya tidak teratur. Dan apabila dilihat dari warnanya, akan terlihat warna coklat tua seperti kopi pada umumnya. Kopi ini memiliki rasa yang cenderung fruity dan aroma rasa buah. Tingkat keasaman yang terdapat pada kopi yang satu ini memang cukup rendah. Oleh karena itu, Anda yang memiliki masalah dengan asam lambung tak usah khawatir jika betul-betul ingin mencicipinya.

Untuk mendapatkan rasa kopi yang baik, sudah barang tentu prosesnya pun tidak semudah seperti yang dibayangkan. Oleh karena itu, kopi Toraja ini dikenal sebagai kopi dengan proses pemilihan biji kopi yang cukup selektif – di mana hanya biji kopi dengan kematangan yang sempurna yang diolah.

Kopi jenis ini umumnya menggunakan kopi arabika, walaupun tidak menutup kemungkinan menggunakan robusta. Bahkan kopi ini memang sangat identik dengan kopi arabika. Hal ini disebabkan daerah tanamnya memang lebih mendukung untuk budidaya arabika.

Fakta lain yang dapat Anda ketahui tentang kopi yang satu ini adalah kopi tersebut sangat disukai oleh banyak warga Jepang. Saat itu adalah waktu di mana kopi Toraja dipamerkan pada ajang Eco Product pada tahun 2008 lalu. Saat itu Prince serta Princess Akishino menghadiri stand yang menyediakan kopi tersebut. Stand itu disinggahi banyak orang yang datang pada pagelaran pameran tersebut. Mereka terlihat sangat menikmati citarasa kopi ini.

Kopi Toraja memang terkenal karena rasanya yang fruity. Selain itu, rupanya ada beberapa kopi yang memiliki citarasa yang hampir sama, salah satunya adalah kopi Puntang. Citarasa yang dimiliki kopi Puntang tak kalah nikmat.

2019-04-03T08:06:08+00:00

Leave A Comment