Cara Meembuat Kopi Susu Dengan Mudah

//Cara Meembuat Kopi Susu Dengan Mudah

Cara Meembuat Kopi Susu Dengan Mudah

Sejak rilisnya film filosofi kopi tahun 2015, banyak sekali bermunculan kedai kopi dengan berbagai menu andalan yang disajikan demi menarik lidah para penikmat kopi. Dari kopi hitam, kopi susu hingga kopi dengan berbagai racikan barista yang sungguh memanjakan lidah para penikmat. Namun jika kita setiap hari harus pergi ke cafe hanya untuk meminum kopi jelas akan menambah pengeluaran kita tiap bulan. Jadi kenapa kita tidak mencoba untuk belajar meracik sendiri kopinya.

Di sini kami akan berbagi bagaimana cara membuat kopi ala cafe di rumah dengan cara mudah, untuk kopi hitam mungkin anda bisa meraciknya dengan selera masing – masing. Jadi di sini kami akan memberi cara untuk membuat kopi susu ala cafe.

Bahan – Bahan Untuk Membuat Kopi Susu

bahan membuat kopi susu

Ada beberapa jenis minuman olahan kopi di dunia, salah satunya adalah kopi susu. Kopi susu adalah minuman yang sangat mudah cara membuatnya. Namun sebelum masuk ke cara pembuatan, atau memulai meracik kopi susunya terlebih dulu kita harus menyiapkan bahan – bahan yang diperlukan. Bahan – bahan yang perlu disiapkan sebagai berikut :

  1. Kopi bubuk

Kopi menjadi bahan utama yang digunakan untuk membuat kopi susu, untuk jenis kopinya tergantung dari selera masing – masing.  Untuk membuat kopinya siapkan

  • 40 gram kopi yang sudah digiling
  • 100 ml air panas, usahakan air yang direbus hingga mendidih

Gunakan air secukupnya dan jangan terlalu banyak agar kopi yang dihasilkan bisa kental, lakukan cara ini :

  • Masukan kopi dan air panas ke dalam French press
  • Biarkan kopi menyatu dengan sendirinya, jangan diaduk
  • Tunggu sampe 2 menit, lalu tekan ujung tutupnya agar ampas kopi turun ke bawah
  1. Susu

Bahan kedua yaitu susu, susu yang digunakan susu cair apa saja yang mudah didapatkan. Agar mengasilkan susu yang lebih nikmat coba ikuti cara di bawah ini :

  • Sediakan 200 ml susu cair
  • Kemudian panaskan hingga susu menjadi 100 ml
  • Gunakan French Press untuk mengocok susunya agar teksturnya lebih kental
  • Lalu diamkan hingga dingin
  1. Gula Aren

Gula aren digunakan sebagai pemanis dalam racikan kopi susu, disarankan untuk memakai gula aren jangan pakai gula putih atau gula pasir sebagai pemanis agar lebih nikmat. Untuk takarannya sediakan 30 gram atau sesuai selera masing – masing. Dan gula aren yang digunakan gula yang sudah dihaluskan.

Cara Meracik Kopi Susu

cara meracik kopi susu

Setelah mendapat bahan – bahan yang sudah disiapkan, sekarang tinggal bagaimana kita mencampur atau meraciknya dengan ala cafe tersebut sendiri.

Pertama masukan gula aren terlebih dahulu ke dalam gelas. Gula aren yang berfungsi sebagai pemanis tersebut harus diletakan di dasar gelas supaya sebelum mencampur semuanya kita bisa menikmati dulu rasa asli dari campuran kopi dan susunya.

Kemudian masukan kopi sesuai takaran yang anda inginkan, namun usahakan jangan terlalu banyak. Lalu langkah terakhir adalah campurkan susu sesuai selera anda. Selebihnya anda dapat menambahkan es batu jika ingin menikmati es kopi susu.

Anda tidak perlu menambahkan air saat mencampur seluruh bahan yang telah disediakan, sebab hal ini akan membuat tekstur es kopi susu akan lebih cair.

Nah, kini racikan yang sudah jadi tersebut kini dapat dinikmati. Sangat gampang, kan cara membuatnya? Yuk, dicoba biar sekalian menghemat pengeluaran agar tidak jajan kopi melulu.

2019-05-27T00:31:52+00:00

Leave A Comment