Yang Harus Diketahui Tentang Kopi Sidikalang

/, Coffee/Yang Harus Diketahui Tentang Kopi Sidikalang

Yang Harus Diketahui Tentang Kopi Sidikalang

Kopi merupakan teman yang tepat untuk menikmati suasana di hari-hari yang kita jalani. Indonesia merupakan negara penghasil kopi yang cukup tersohor di dunia. Lalu, pernahkah Anda mendengar  soal kopi sidikalang? Apa yang istimewa dari salah satu produk kopi Sumatera tersebut? Dan bagaimana pula keunikan citarasa yang dimiliki oleh kopi ini?

Mengenai Wilayah Penghasil Kopi Sidikalang

kopi sidikalang

Tentunya, bagi para penikmat kopi, pasti sudah betul-betul tahu mengenai produk-produk kopi terbaik Sumatra. Sidikalang merupakan satu dari tiga wilayah di Sumatera yang terkenal akan proses pengolahan kopi terbaik dengan rasa unik dan cita rasa yang betul-betul nikmat.

Sidikalang masuk ke dalam wilayah yang berada di Bukit Barisan, yang ketinggian mencapai 1.500 mdpl. Di mana pada ketinggian tersebut sangat bagus untuk penanaman tanaman biji kopi. Selain itu, kawasan wilayah ini sangat sejuk dan subur. Jadi tak heran kalau sekiranya kopi terbaik Nusantara terlahir di sini. Kopi-kopi yang dihasilkan di wilayah Sumatera Utara terkenal dengan teksturnya yang halus dippadukan dengan citarasa yang begitu kompleks.

Bahkan banyak pencinta kopi yang sengaja datang ke wilayah ini untuk hanya sekadar dapat menikmati single origin trip ke Sidikalang. Namun sayangnya, kawasan tersebut belum sepenuhnya resmi dijadikan kawasan agrowisata. Perkebunan kopi Sidikalang hanya dijadikan wilayah penghasil kopi di sana.

Ciri Khas yang Dimiliki Kopi Sidikalang

kopi sidikalang

Kopi robusta merupakan jenis kopi unggulan yang diproduksi di wilayah ini meskipun pada kenyataannya aroma serta citarasanya tak jauh dengan kopi robusta yang dihasilkan dari wilayah lain. Citarasanya nyaris mirip seperti coklat dan terasa sedikit manis. Meskipun aroma kopi robusta Sidikalang tidak terlalu tajam.

Selain itu, tekstur dari kopi robustanya juga sedikit kasar apabila dibandingkan dengan kopi arabika. Kopi yang satu ini sangat disarankan untuk konsumsi pencinta kopi sederhana yang aromanya tak terlalu kuat.

Memiliki Rasa Asam yang Cukup Rendah

kopi sidikalang

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa kopi Sidikalang ini merupakan kopi yang cukup sederhana dan aromanya yang tak terlalu kuat. Kopi ini sangat cocok dikonsumsi oleh para pencinta kopi yang memiliki masalah dengan pencernaan di bagian lambung (penyakit maag). Hal tersebut dikarenakan kopi jenis ini tidak memiliki tingkat serta rasa yang tinggi. Maka dari itu, penderita maag dapat meminumnya setiap hari dengan aman tanpa perlu khawatir penyakitnya akan kambuh. Walaupun demikian, perlu diperhatikan separah apa penyakit maag yang diderita.

Kopi ini tidak memiliki rasa asam yang kuat, melainkan mempunyai citarasa pahit yang hampir mirip dengan pahitnya coklat. Hal tersebut tentu saja akan memberikan sensasi berbeda bagi siapa pun yang menyesapnya.

Rasa Kopi yang Bertahan Di Mulut

kopi sidikalang

Mereka menyebutnya “long after taste”, di mana istilah tersebut ditujukan pada makanan atau minuman yang daya serta rasa kopinya bertahan cukup lama di mulut. Begitu pula dengan jenis kopi yang satu ini. istilah tersebut juga dijadikan sebagai upaya untuk menunjukan adanya rasa setelah rasa pertama kopi dicicipi. Hal tersebut yang menjadikan rasa kopi Sidikalang bertahan di lidah dengan sensasinya yang sedemikian rupa.

Selain kopi Sidikalang yang berada di Sumatera, terdapat kopi Jawa Barat yang juga memiliki citarasa yang tak kalah nikmat. Kopi ini sangat terkenal dan tentu saja memiliki ciri khas serta keunikan  tersendiri, yaitu Kopi Puntang. Diproses dengan menggunakan kopi-kopi pilihan yang ditanam di perkebunan kopi gunung Puntang.

 

2019-04-03T08:01:14+00:00

Leave A Comment