Kopi Robusta dan Kenikmatannya

/, Coffee/Kopi Robusta dan Kenikmatannya

Kopi Robusta dan Kenikmatannya

Jika Anda mengaku seorang pencinta kopi, pasti sudah sangat familiar dengan jenis kopi robusta. Tentu, kopi yang satu ini memiliki penggemar tersendiri, apalagi di Indonesia sebagai negara yang begitu terkenal dengan perkebunan kopinya. Selain hal itu, negara kita juga sangat terkenal dengan berbagai macam kopi-kopi yang sudah tersohor kenikmatannya. Untuk itu, sebagai warga negara sekaligus penikmat kopi, kita patut berbangga hati atas itu semua.

Mengenal Lebih Dalam Kopi Robusta

kopi robusta

Apa Anda sudah tahu bagaimana dan seperti apa kopi robusta itu? Sesuai sekali dengan namanya, tanaman dengan nama latin coffea cannephora ini diambil dari kata “robust” yang memiliki makna “kuat”. Kopi ini terkenal dengan aroma serta  tingkat kekentalan yang kuat.

Lokasi terbaik penanaman kopi ini berada pada ketinggian 400 sampai dengan 800 mdpl, dan ternyata masih bisa di tanam pada ketinggian yang rendah. Selain itu suhu optimal yang bagus untuk pertumbuhan kopi ini adalah sekitar 24-30 derajat celcius dengan curah hujan 2000 hingga 3000 mm per tahunnya. Dengan kata lain, kopi jenis ini cocok untuk ditanam di daerah tropis yang basah (berbeda dengan kopi arabika).

Karakteristik Kopi Robusta

kopi robusta

Tanaman kopi yang satu ini memiliki bentuk yang membulat menyerupai telur dengan ujung yang begitu runcing dan dapat berbunga pada kurun waktu 2 tahunan. Tanaman kopi tersebut dapat bertahan dari penyakit karat daun.

Di pasaran, kopi ini dijual cukup murah dan tentunya  lebih murah jika dibandingkan dengan kopi arabika. Hal tersebut mengakibatkan para petani robusta mengabaikan perawatan pasca panen sehingga membuat kualitas dan juga mutunya ikut rendah.

Memang pada kenyatannya, aroma kopi robusta tidak sekuat kopi arabika. Arabika memiliki citarasa yang semu asam, sementara robusta memiliki citarasa yang lebih kuat rasa pahitnya. Selain itu, kafein yang terkandung  bisa mencapai dua kali lipat arabika, yakni sekitar 1,7% sampai dengan 4%. Maka dari itu robusta sangat cocok untuk dijadikan teman bergadang.

Robusta Dengan Rasa Terbaik

kopi robusta

Sebelumnya, telah dijelaskan bahwa perbedaan robusta dengan arabika secara signifikan. Terlepas dari hal tersebut, penggemar kopi ini masih banyak dan tak berkurang. Selain itu, sebagian besar perkebunan kopi di Indonesia ditanami kopi tersebut. hal tersebut menyebabkan citarasa kopi robusta pada tiap daerah berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa pilihan kopi terbaik yang diproduksi beberapa perkebunan robusta di negeri ini:

1. Kopi Lampung

kopi lampung merupakan kopi yang sudah tersohor di seluruh pelosok negeri. Bukan hanya itu, kopi lampung juga disebut-sebut sebagai kopi yang memiliki citarasa yang nikmat. Kopi lampung dibuat dari biji kopi robusta terbaik, penjualannya pun mencapai pasar internasional.

2. Kopi Bali Tabanan

Selain terkenal dengan kopi Kintamani-nya, Sebagai penikmat kopi sejati, Anda harus mencoba jenis kopi Bali yang satu ini. Kopi Bali Tabanan memiliki citarasa yang unik dan tentunya tak akan sia-sia jika Anda sudah mencobanya. Para produsen kopi sedang dan terus melakukan perkembangan untuk mendapatkan citarasa dari kopi-kopi yang berasal dari perkebunan kopi di Pulau Dewata tersebut. Dari usahnya itu, kopi Bali sempat menempati tempat di dunia perkopian Internasional.

3. Robusta Dampit Malang

Seperti namanya, kopi Dampit Malang ini berasal dari perkebunan kopi di Kecamatan Dampit, Malang. Kopi yang satu ini juga sudah tersohor hingga ke luar negeri, terutama di dataran Eropa sana. Kopi yang satu ini memiliki citarasa yang istimewa.

Meskipun harga biji robusta terbilang murah, namun kopi ini masih menemukan tempat di hati para penikmat kopi.

 

2019-04-03T08:27:03+00:00

Leave A Comment