Berkenalan dangan Kopi Original

/, Coffee/Berkenalan dangan Kopi Original

Berkenalan dangan Kopi Original

Sebagian orang pasti sudah tak asing dengan istilah kopi single origin atau kopi asli. Namun, tak sediki pun orang yang barangkali bellum mengerti dan paham istilah itu – bahkan di kalangan penikmat kopi sekalipun. Lalu bagaimana kita bisa memahami tentang kopi single origin itu sendiri?

Penjelasan Tentang Kopi Original

kopi original

Jika ingin tahu tentang apa itu kopi original atau single origin? Hal itu dapat diartikan sebagai “asa mula” atau kopi yang dihasilkan berdasarakan tempatnya berasal. Biasanya, istilah kopi original ini mengacu pada tempat, wilayah atau daerah di kebun kopi mana tanaman tersebut ditanam. Dalam hal ini, penyebutan jenis kopi tidak lagi bergantung pada spesies kopi apa namun tempat berasal asal kopi.

Selain itu, penamaan kopi tersebut (kopi single origin ) dimaksudkan untuk mempermudah orang-orang untuk mengingat nama beserta rasa kopi yang sedang dan telah diminumnya. Selain itu, tiap kopi mempunyai ciri khasnya masing-masing. Kini, kita dapat menyebut jenis kopi berdasarkan tempat penanamannya, seperti kopi arabika Puntang, kopi arabika gayo, kopi robusta Lampung, dan sebagainya.

Sebetulnya, belum ada instansi atau badan resmi yang memberi pelabelan pada kopi tertentu. Namun, hal tersebut umumnya sudah disepakati para pencinta dan penikmat kopi. Berikut ini alasan yang menjadikan sejenis kopi menjadi kopi tunggal (single origin) atau kopi original:

  1. Kopi yang sepenuhnya berasal dari satu perkebunan, artinya di mana jika biji-biji kopi ditanam di suatu perkebunan dan kemudian diproduksi bersama-sama dari kebun tersebut. Maka, itu dapat disebut kopi original.
  2. Kopi yang ditamam di beberapa perkebunan, namun masih satu lokasi atau daerah yang lebih umum. Misalnya, kopi robusta ini berasal dari biji kopi yang ditanam di dua perkebunan di Lampung kemudian diproduksi.
  3. Selain yang ditanam di daerah dan wilayah perkebunan yang sama. Dapat dikatakan kopi original apabila berasal dari beberapa perkebunan kopi di negara yang sama.

Merupakan Kopi dari Suatu Varietas

kopi oroginal

Jika di Indonesia para petani kopi membedakan kopi tersebut berdasarkan dari tempat atau perkebunan mana kopi di tanam, lain halnya dengan Amerika Latin. Para petani di sana sedang berusaha mengembangkan beberapa jenis varietas baru kopi. Misalnya, di sana terdapat jenis kopi original seperti Geisha yang berasal dari Panama yang menjadi kopi tunggal andalan di negara tersebut. Kini, telah ada eugonoides yang merupakan kopi asli dari varietas baru di sana.

Selain itu, ada juga yang disebut dengan peaberry yang merupakan hasil mutasi kopi secara natural. Yang unik dari hal itu, kopi tersebut dikatakan kopi tunggal atau asli meskipun tidak dilihat dari dari perkebunan mana itu berasal.

Mengapa Kopi Original Banyak Diminati Para Penikmat Kopi?

kopi original

Kopi original, seperti namanya, “asli” yang apa adanya. Para penikmat kopi berpikir bahwa kopi akan jauh lebih nikmat jika disesap dengan apa adanya. Mereka juga mengira bahwa tiap kopi punya cir khas serta keunikannya sendiri-sendiri. Dari kopi tunggal tersebut mereka dapat mengerti karakter masing-masing kopi.

Selain menjadi para penikmat kopi di tanah air, keberadaan ini juga akan berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung terhadap kemakmuran para petani kopi daerah. Hal tersebut terjadi karena beberapa petani kopi telah mengerti tahapan-tahapan untuk mengolah kopi dengan benar. Kopi tersebut umumnya diolah berdasarkan serangkaian atau proses yang dapat memenuhi standar tertentu.

2019-04-03T08:22:47+00:00

Leave A Comment