Menikmati Sajian Kopi Tradisional Malaysia

//Menikmati Sajian Kopi Tradisional Malaysia

Menikmati Sajian Kopi Tradisional Malaysia

Menikmati kopi adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang. Termasuk menikmati satu jenis kopi yang unik, misalnya dengan Kopi O.  Dengan mencicipi kopi tersebut, Anda dapat merasakan  sensasi yang berbeda dari salah satu merek kopi Malaysia yang satu ini.

Berbeda dengan kopi Nusantara pada umumnya, Malaysia sendiri didominasi dengan jenis kopi Liberica yang tumbuh di semenanjung Malaka. Rasa dari kopi yang satu ini cenderung lebih pahit dan asam. Selain itu, hal tersebut pun memberikan sensasi berbeda ketika menikmati kopi dari negeri jiran satu ini.

Apa yang Harus Diketahui Tentang Kopi O Ini?

tentang kopi o

Kopi O merupakan salah satu merk kopi tradisional terkenal di Malaysia. Selain itu, kopi ini ternyata juga biasa disajikan di Malaysia dan Singapura. Kopi tersebut adalah kopi hitam yang memiliki rasa yang kuat disajikan dengan gula.

Namun, dari jika dilihat dari cara pengolahannya, kopi jenis ini memang cukup unik. Biji kopi tersebut biasanya dipanggang dengan menggunakan gula dan mentega.

Kopi O sendiri dihasilkan dari beberapa jenis kopi yang ditanam. Umumnya terdapat tiga jenis, antara lain kopi arabika, liberica dan robusta. Yang paling banyak  yang dihasilkan oleh perkebunan kopi di Malaysia adalah kopi liberica yang ditanam di sekitaran daerah Selangor, Sabah, dan Johor.

Sementara itu, di wilayah Semenanjung, jenis kopi robusta merupakan yang paling banyak diproduksi.

Mengenai Kepopuleran Kopi O

produksi kopi o

Meskipun pada dasarnya, negara Malaysia bukan negara penghasil kopi terbanyak. Hal ini dikarenakan bahwa produksi kopi mereka masih di bawah Brazil, Vietnam, serta Indonesia. Bahkan terhitung sejak Tahun 2010 misalnya, hanya ada sekitar 3.160 hektar total lahan kopi di seluruh negara tersebut.

Total penghasilan dari sektor industri perkebunan kopi ini pun hanya sekitar RM 12.355.000 per tahun. Tidak banyak jika dibandingkan dengan produksi beberapa jenis kopi Indonesia yang populer.

Hal ini dikarenakan budaya negara Malaysia yang merupakan lebih terkenal dengan budaya minum teh. Ini pun menyebabkan konsumsi teh lebih tinggi jika dibandingkan dengan kopi. Akan tetapi, saat ini seiring berjalan waktu, peminum kopi di Malaysia pun mulai berkembang dan menjadi semakin banyak.

Hal yang unik dari produksi serta pengolahan kopi O di Malaysia ini dimulai dari pemanggangan kopi yang menggunakan mentega dan gula. Setelah menyelesaikan proses tersbut, untuk cara menikmatinya adala dengan diseduh  menggunakan penyaring.

Hal ini dilakukan supaya ampasnya tidak ikut masuk ke dalam minuman. Cita rasa kopi O yang dihasilkan adalah adanya rasa pahit, tebal dan kuat, sehingga sering sekali menggunakan tambahan  susu kental manis.

Kopi Malaysia dianggap unik karena jenis biji kopi yang paling banyak ditemukan di negeri jiran satu ini adalah kopi liberica yang jarang digunakan oleh produsen kopi lainnya.

Dan ternyata telah tercatat bahwa hanya ada 2 persen kopi di dunia yang menggunakan kopi liberica. Ini karena rasanya yang asam dan keras. Kopi yang sering disebut kopi putih ini aromanya juga maksimal, namun kandungan kafeinnya lebih rendah.

95 persen dari produksi kopi di Malaysia adalah kopi Liberica. Hal unik lainnya dari cara penyeduhannya juga berbeda, yakni harus menggunakan air yang sangat panas, kurang lebih 200 derajat untuk mendapat rasa yang maksimal.

Keunikan lainnya dari jenis kopi yang satu ini adalah ada pada proses panggangnya sebanyak dua kali sebelum diproduksi. Ditambah lagi, kopi Malaysia harganya juga jauh lebih murah ketimbang kopi hitam lain.

2019-08-26T09:09:57+00:00

Leave A Comment