Harga Kopi Mentah Serta Cara Pengolahannya

//Harga Kopi Mentah Serta Cara Pengolahannya

Harga Kopi Mentah Serta Cara Pengolahannya

Meminum kopi di Indonesia sedang menjadi tren gaya hidup, kopi kini bukan lagi dijadikan senagai minuman penghilang rasa kantuk. Namun juga permintaan kopi dari pertani kopi kini semakin melonjak. Fenomena tersebut membuat beberapa daerah menjadi daerah penghasil kopi dengan cita rasa khas masing-masing. Kini selain bisa membelinya di kafe atau warung kopi, anda juga bisa membuat kopi kesukaan dengan berburu kopi mentah langsung dari petani atau pedagang.

Di pasaran, harga kopi mentah untuk tahun 2019 ini masih cukup bervariasi, namun diprediksi tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Biji kopi sendiri merupakan biji dari tumbuhan kopi dan merupakan sumber dari minuman kopi.

Warna biji kopi umumnya adalah putih dan sebagian besar merupakan endosperma. Setiap buah kopi biasanya memiliki dua biji. Namun, buah yang mengandung satu biji dipercaya memiliki rasa yang lebih baik, dan disebut dengan peaberry.

Kopi Mentah Dipasaran

harga kopi

Harga biji kopi tahun 2019 cukup bervariasi, hal ini tergantung pada jenisnya namun tidak terlalu berbeda dengan tahun sebelumnya. Untuk biji kopi mentah jenis arabika sendiri, pada tahun 2018 dijual di kisaran harga Rp 65 ribuan per kg untuk kualitas standar serta Rp100 ribuan per kg untuk kualitas terbaik.

Dari biji kopi Arabica seharga Rp100.000 per kg tersebut, harganya akan kembali naik menjadi Rp150.000 jika sudah melewati proses roasting. Namun beberapa pengepul dan pedagang juga seringkali mencampur bubuk kopi arabica dengan robusta dan dijual seharga Rp75.000 per kg. Sementara, harga kopi arabika Jawa Barat berada di kisaran Rp85 ribuan per kg untuk biji yang masih hijau atau green bean, dan Rp160 ribuan per kg untuk biji kopi arabica Bengkulu.

Sedangkan untuk kopi jenis robusta harganya relatif lebih murah. Kopi mentah robusta pada tahun lalu masih sekitar Rp35 ribuan per kg di daerah Lampung, atau setengah harga dari biji kopi arabica. Sedangkan, di beberapa situs jual beli online, biji kopi robusta Lampung saat ini ditawarkan dengan harga Rp55 ribuan per 500 gram untuk yang sudah di-roasted.

Proses Pengolahan Kopi Mentah Hingga Bubuk

sortasi buah kopi

Untuk menjadi minuman yang siap diseduh, kopi harus menjalani beberapa tahan yang cukup panjang. Berikut ini adalah proses pengolahan kopi:

  • Sortasi Buah Kopi

Usai kopi dipanen, maka harus segara dilakukan sortasi. Sortasi ini adalah memisahkan kopi dari kotoran, buah berpenyakit serta buah yang cacat. Juga jangan lupa untuk memisahkan buah yang masih berwarna hijau dan yang berwarna merah.

  • Pengupasan Kulit Buah

Pengupasan ini disarankan untuk menggunakan mesin. Terdapat dua jenis mesin pengupas, yang diputar manual dan bertenaga mesin. Selama pengupasan, alirkan air secara terus menerus kedalam mesin pengupas. Hasil dari proses pengupasan kulit buah adalah biji kopi yang masih memiliki kulit tanduk, atau disebut juga biji kopi HS.

  • Penyangraian

kunci dari pengolahan kopi bubuk ini terletak pada proses penyangraiannya. Pernyangraian sendiri bertujuan untuk mendapatkan biji kopi yang berwarna cokelat kehitaman. Proses penyangraian bisa dilakukan dengan cara yang cukup sederhana, yaitu dengan menggunakan wajan penggoreng dengan api sedang. Selanjutnya kopi didinginkan dan dihamparkan pada sebuah tampi dan dibiarkan sampai kopi benar-benar dingin.

  • Penggilingan

Setelah biji kopi sudah menjadi dingin, langkah selanjutnya yaitu penggilingan, proses penggilingan ini bertujuan untuk mendapatkan bubuk kopi. Biasanya penggilingan dilakukan 2 kali, dan finishingnya adalah pengayakan.

2019-05-27T14:16:48+00:00

Leave A Comment