Kopi Macchiato, Yakin Sudah Tau?

//Kopi Macchiato, Yakin Sudah Tau?

Kopi Macchiato, Yakin Sudah Tau?

Seiring dengan perkembangan zaman, tradisi untuk meminum kopi kini bukan hanya disukai oleh orang tua saja, namun juga sudah merambah ke generasi milenial.

Generasi milenial saat ini telah terlihat banyak yang nongkrong di kedai kopi atau bahasa kerennya adalah Cafe. Seriging berjalannya waktupun, Cafe atau kedai kopi melakukan banyak inovasi dalam penyajian kopi jualannya untuk mendapatkan rasa yang baru.

Maka tidak heran jika ketika anda berkunjung ke Cafe atau kedai kopi, akan banyak menjumpai banyak varian kopi selain kopi hitam pada umumnya. Sebut saja espresso, cappuccino, piccolo dan macchiato.

Perbedaan Latte dan Macchiato

bedanya latte dan macchiato

Kebanyakan istilah yang ada dalam kopi memang kebanyakan menggunakan bahasa Perancis dan Italy. Hal ini kerap kali membuat orang Indonesia pada umunya bingung dan tidak mengerti jenis kopi apa yang akan dibeli di cafe.

Istilah latte dan macchiato adalah yang sering kita jumpai. Latte sendiri dalam bahasa Italy berarti susu. Di negara Pizza ini, caffelatte biasa digunakan untuk menggambarkan kopi yang dicampur dengan susu. Namun dinegara negara lain, terutama yang berbahasa Inggris, istilah latte hanya ditunjukan pada jenis kopi tertentu.

Sedangkan Macchiato juga merupakan istilah yang berasal dari Italy. Arti dari macchianto sendiri adalah penanda atau ditandai. Kopi macchiato ini awalnya terjadi karena orang yang memesan espresso menginginkan adanya sedikit susu diatasnya. Karena pelayan merasa kesulitan untuk menentukan yang mana kopi dan mana yang dicampur susu, sebab terlihat sama saja. Maka kemudian esspresso dengan campuran susu ditandai (macchiato) demi mempermudah membedakannya.

Latte dan Macchiato pada dasarnya adalah sama. Mereka awalnya merupakan campuran antara espresso dan susu. Namun perbedaannya adalah, macchiato dibuat untuk mempermudah mengenali campuran kopi dan susu. Dan sebenarnya macchiato bisa dianggap sebagai latte jika dilihat dari bahannya.

Komposisi Kopi Macchiato

bahan kopi macchiato

Kopi Macchianto sendiri memiliki 2 jenis, yakni latte macchianto dan caffe macchianto. Komposisi dari latte macchianto adalah susu yang di steam, espresso dan foam dengan rasio 2:1:1. Sedangkan caffe atau kopi macchianto merupakan minuman yang berukuran kecil dengan campuran espresso dan foam susu pada permukaannya.

Komposisi dari latte macchianto memiliki rasio ideal antara susu, espresso dan foam dengan ukuran 2:1:1. Langkah pertama pembuatannya adalah  dengan memasukan susu yang telah di steam ke dalam gelas yang tinggi, kemudian masukan espresso, dan di akhiri dengan foam di atasnya. Namun beberapa cafe memiliki variasi menu yang dengan menambahkan karamel pada foamnya.

Cara Penyeduhannya

cara penyeduhan

Jika anda akan memesan latte atau macchiato, yang berbeda dari kedua kopi ini adalah cara menyeduhnya. Kedua kopi tersebut memiliki urutan dengan penyeduhan yang berbeda namun bahannya tetap sama.

Latte diseduh dalam urutan espresso dimasukan terlebih dulu di atas sirup jika diminta, kemudian susu yang sudah di steam dituangkan di atasnya. Terkadang diaduk kemudian ditambahkan busa yang bersifat opsional di atasnya.

 

Sedangkan urutan menyeduh Macchiato pertama adalah susu yang telah di steam dituangkan pertama juga di atas sirup perasa jika diminta dan baru kemudian ditambah espresso. Namun juga dapat ditambahkan busa di atasnya jika diinginkan. Dan biasanya macchiato tidak diaduk.

Tampilan Kopi Macchiato

oenampilan macchiato

Beda antara macchiato dan latte juga dapat terlihat dari tampilan minumannya. Macchiato akan membentuk tiga layer atau lapisan dengan espresso yang coklat pekat di tengahnya, sedangkan latte hanya memiliki dua layer. Hal ini disebabkan oleh beda urutan mencampur bahan, susu jika dimasukkan lebih dulu akan tetap berada di bawah karena massa jenisnya lebih tinggi.

Tidak seperti versi latte nyakopi macchiato adalah minuman yang tidak banyak disajikan di kedai-kedai kopi di Indonesia.  Tetapi minuman ini sangat laku di Amerika Serikat. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan hidup mereka yang lebih dinamis dan dituntut cepat.

2019-05-11T08:08:06+00:00

Leave A Comment