Kopi Late Yang Terkenal Dengan Rasa Yang Lebih Milky

//Kopi Late Yang Terkenal Dengan Rasa Yang Lebih Milky

Kopi Late Yang Terkenal Dengan Rasa Yang Lebih Milky

Pernah mendengar kata kopi latte? Yah, kata ini memang sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia. Kopi latte atau caffe latte dalam bahasa Italy artinya adalah kopi susu. Hal ini dinamai dari bahan untuk pembuatannya yang terdiri dari espresso yang dicampur dengan susu dan memiliki lapisan busa yang tipis pada bagian atasnya.

Seiring dengan berkembangnya zaman serta trend millenial yang semakin gemar nongkrong di kedai kopi bergaya Italy, minuman kopi dari basis espresso juga semakin digemari dan berkembang. Di kalangan para pecinta kopi, basis espresso, latte termasuk minuman  yang terkenal dengan rasa yang creamy, milky, tidak pahit dan juga kental.

Minuman ini pertama kali ditemukan di Italia pada akhir tahun 1950 an oleh Lino Meiorin. Dia  merupakan pemilik dari sebuah cafe dan merupakan barista pertama dari Italia. Pengunjung cafenya saat itu tidak terbiasa dengan rasa dari cappuccino tradisional yang amat tajam dan oleh sebab itu mereka meminta untuk lebih banyak susu (latte) untuk dicampur dengan kopi tersebut.

Dalam bahasa Italy sendiri, kopi latte atau caffe latte memiliki arti sebagai kopi susu. Hal ini merujuk pada bahan campuran dalam komposisi pembuatan caffe latte. Sebagai campurannya, susu pada minuman ini harus di steam terlebih dahulu menggunakan uap panas. Proses tersebut cukup mirip dengan cappucino, tetapi hasil steamnya berbeda, sebab foamnya tidak terlalu kental.

Rasio Dalam Pembuatan Caffe Latte

rasio komposisi

Rasio dalam pembuatan kopi latte adalah dengan campuran espresso dengan susu dengan bandingan 1:2. Jadi jika espressonya sebanyak 30 ml, maka campuran susunya adalah sebanyak 60 ml.

Susu yang telah di steam tersebut dicampuran dengan espresso dengan cara menuangkan susu tepat di tengah kopi secara perlahan lahan. Anda juga dapat membuat latte art ketika menuangkan susu kedalam espresso.

Seni Membuat Latte Art  

seni membuat latte

Kini telah banyak dijumpai kedai kedai kopi yang memiliki banyak kreativitas pada baristanya. Pembuatan latte art bahkan sudah sangat marak dijumpai dan mudah untuk dipelajari. Anda sebagai newbie juga sebenarnya dapat juga membuat latte art ketika menungkan susu ke espresso.

Seni menggambar di atas sebuah media minuman seperti ini umumnya akan menghasilkan gambar berbentuk daun atau hewan. Kini telah banyak barista yang melatih kemampuan dirinya untuk menggambar diatas media kopi. Sebab presentasi yang bagus akan membuat minuman terlihat lebih menarik dan menggugah selera penikmatnya.

Perhatikan Juga Susu Yang Akan Digunakan

perhatikan susu

Untuk membuat minuman berbasis espresso, maka anda perlu untuk memperhatikan susu yang akan digunakan. Kopi latte sendiri merupakan minuman yang teksturnya kendal dan kaya akan rasa susu, maka dari itu anda jangan menggunakan susu low fat, atau susu rendah lemak.

Namun untuk pilihan kopi, anda dapat menggunakan kopi dengan jenis apapun sesuai selera. Apakah mau arabika atau robusta. Sebenarnya tidak ada aturan yang mutlak untuk jenis kopi yang akan digunakan sebagai bahan membuat caffe latte. Tetapi profil body dari kopi yang akan digunakan itu harus tebal atau bold agar rasa kopi tersebut tidak kalah dari susu yang digunakan, sebab takarannya juga lebih banyak susunya dari pada kopinya.

2019-05-27T14:23:15+00:00

Leave A Comment