Menikmati Keunikan Kopi Arang Joss Khas Yogyakarta

//Menikmati Keunikan Kopi Arang Joss Khas Yogyakarta

Menikmati Keunikan Kopi Arang Joss Khas Yogyakarta

Di Kota Yogyakarta terdapat satu kopi yang begitu akrab dikenal dengan nama kopi Joss karena keunikan dalam proses penyeduhannya. Kopi yang satu ini memang sangaat ikonik dan menjadi kopi khas kota tersebut. Selain itu, kopi yang satu ini pun tak bakal Anda temui di daerah lain.

Di luar negeri sendiri, kopi tersebut dikenal dengan sebutan charcoal coffee atau kopi arang. Hal ini karena dalam pembuatannya, kopi tersebut menggunakan arang panas yang dimasukkan pada kopi yang telah diseduh.

Asal Muasal Penamaan Kopi Joss

penamaan kopi joss

Di Yogyakarta cukup banyak warung kopi atau pun angkringan yang menyajikan salah satu jenis kopi terunik yang satu ini. Sehingga, tak akan sulit untuk menemukan kopi joss di kota yang satu ini. Biasanya, Anda dapat menemui minuman kopi tersbeut ketika berada di sebelah utara Stasiun Yogyakarta, tepatnya di warung-warung angkringan yang berjajar dipinggir jalan.

Bagi yang tidak tahu, warung kopi tersebut biasanya dijajakkan dengan gerobak dorong. Selain itu, di sana juga menawarkan berbagai macam minumanserta makanan tradisional lainnya dengan harga yang relatif murah.

Lalu, mengapa disebut kopi joss?

Penamaan tersebut sesuai dengan proses penyajian kopi tersebut yang terbilang cukup nyentrik dibandingkan dengan penyajian kopi lainnya.

Awal mula tercetusnya sebutan kopi joss ini kemungkinan berasal dari suara yang keluar saat arang membara dimasukkan ke dalam kopi. Di mana bunyi kopinya itu seperti bunyi “josss” pada saat menyajikannya. Para penjual kopi yang satu ini juga tidak menggunakan arang yang sembarangan. Mereka hanya menggunakan arang khusus untuk kopi jos sehingga memunculkan aroma dan cita rasa khasnya tersendiri.

Kudapan yang biasanya melengkapi kopi joss itu sendiri adalah jadah atau gemblong bakar. Hidangan yang satu ini adalah santapan wajib untuk menemani kopi tersebut,

Ketika Anda menikmatinya, Anda akan merasakanrasa yang gurih, aroma bakar yang khas sangat pas untuk dinikmati sambil ngopi. Selain jadah, biasanya kopi yang satu ini pun juga disajikan bersama sate keong yang lezat karena bahan utamanya langsung diambil dari persawahan setempat.

Yang Unik dari Kopi Joss Yogyakarta

keunikan kopi joss

Biasanya di warung-warung atau angkringan, kopi hanya disajikan dengan biji kopi yang pada umumnya dapat ditemui di toko-toko biasa. Bahkan tak jarang dari sekian warkop juga hanya menyajikan kopi-kopi instan yang tinggal diseduh.

Yang berbeda dari  Kopi Joss itu sendiri adalah cara penyajiannya. Kopi yang satu ini disajikan dari biji kopi tradisional yang didatangkan dari daerah Klaten, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal tersebutlah yang membuat cita rasa yang dibawa oleh kopi joss itu sendiri menjadkannya khas dari kawasan tersebut.

Selain itu, proses mempersiapkan biji kopinya juga dilakukan oleh penjual sendiri. Biasanya mereka akan menyangrai serta menumbuknya dengan cara halus. Cara tersebut dapat dibilang tradisional, namun hal tersebut juga yang akan menjaga kualitas rasa dari kopinya.

Lalu ciri yang paling khas dari Kopi Joss adalah penyajianya dengan mencelupkan arang yang masih terdapat bara api panas kedalam gelas kopi yang akan diminum oleh para pelanggan.

Arang yang telah membara dari dalam tungku api tersebut akan diambil dan diketuk-ketuk untuk memastikan debu-debu tersingkir dan aman untuk dicelupkan pada kopi yang diseduh. Setelah itu, kopi akan terus meletup-letup ketika arang dicelupkan sampai bara apinya mati.

Kopi arang memberikan manfaat bagi kesehatan. Jika arang dibakar sampai 250 derajat celcius, maka akan menjadi karbon aktif  pengikat racun yang ada didalam tubuh.

2019-08-27T04:03:38+00:00

Leave A Comment