5 Manfaat Black Coffee dan Kandungannya

//5 Manfaat Black Coffee dan Kandungannya

5 Manfaat Black Coffee dan Kandungannya

Kopi hitam merupakan salah satu jenis minuman yang paling banyak digemari oleh orang-orang. Bahkan, tak sedikit orang menjadikan minuman yang satu ini sebagai mood booster untuk mengawali hari-hari mereka yang menyukainya. Tidak hanya itu, kopi itu sendiri dipercaya banyak memberikan manfaat untuk kesehatan.

Kandungan yang Tedapat dalam Kopi Hitam

kandungan kopi hitam

Kopi hitam dikenal memiliki cukup banyak manfaat untuk kesehatan karena terdapat beberapa senyawa penting yang ada dalam minuman tersebut. Berikut ini merupakan beberapa hal yang terkandung di dalam minuman yang satu ini:

  • Kafein => Merupakan salah satu senyawa dalam kopi yang terbukti aman untuk dikonsumsi dalam dosis tertentu untuk membuat Anda tetap terjaga. Namun,  jika dikonsumsi berlebihan, kafein dapat membuat Anda ketergantungan bahkan dapat menjadi sebab beberapa penyakit seperti gangguan tidur dan kanker.
  • Quinic Acid => Merupakan senyawa yang menghasilkan rasa asam pada kopi.
  • H2O => H2O ajuga terkandung di dalam kopi hitam yang sangat penting. Air yang ada dalam kopi juga adalah salah satu bagian dari senyawa kimiawi dalam biji kopi.
  • Ethyphenol => Merupakan zat yang memberikan aroma khas yang terdapat pada kopi. Zat ini juga hampir mirip dengan tar dan juga mengandung pheromone didalamnya.
  • Dicaffeoylquinic Acid => Dicaffeoylquinic Acid adalah antioksidan yang sangat berguna untuk menangkal radikal bebas.
  • Dimethyl Disulfide => Senyawa yang satu ini merupakan zat yang dapat membuat tinja manusia berbau seperti bau dari senyawa sulfur.
  • Trigonelline => Adalah suatu senyawa pada kopirmanfaat sebagai pelindung gigi supaya tidak mudah berlubang.
  • Niacin => Senyawa yang dapat menyerap vitamin dalam tubuh dan hal tersebut sebenarnya memang kurang begitu baik untuk tubuh. Maka dari itu, Anda hanya dianjurkan minum kopi tidak lebih dari 3 gelas dalam satu hari.

Khasiat Meminum Kopi Hitam

khasiat kopi hitam

Terdapat beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan sebagai orang yang sering mengonsumsi kopi hitam, di antaranya:

1. Untuk Kesehatan Tulang

Kopi hitam tanpa gula dengan tingkat roasting kopi yang tepat dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan tulang. Mengapa demikian? Karena pada minuman yang satu itu terkandung kalsium yang menjadi asupan zat penting bagi tulang. Oleh sebab itu, mengonsumsi kopi dengan dosis tertentu bisa mencegah terjadinya beberapa penyakit yang berkaitan dengan masalah tulang, misalnya osteoporosis.

2. Membuat Detak Jantung Stabil

Zat kalium juga terkandung pada kopi di mana zat tersebut dapat membantu Anda untuk memperkuat otot-otot jantung. Hal tersebut akan membuat detak jantung pun menjadi lebih stabil. Tak hanya itu, kopi hitam tanpa gula juga sangat disarankan untuk mengatasi penyumbatan darah yang terjadi akibat konsumsi beberapa makanan.

3. Turunkan Risiko Kanker

Khasiat kopi hitam selanjutnya adalah dapat menurunkan risiko terkena kanker. Selain itu, hal tersebut juga meningkatkan kinerja zat aktif dalam tubuh sehingga berfungsi untuk memerangi semua potensi pembentuk kanker.

4. Mencegah Diabetes

Kopi hitam memang sangat bermanfaat, salah satu manfaat lain dari minuman tersebut adalah dapat mencegah diabetes. Rasa pahit yang terdapat di dalam kopi ternyata sangat efektif untuk mengurangi kadar gula di dalam darah. Tak hanya itu, konsumsi kopi  tanpa gula secara teratur juga bisa membuat hormon lebih seimbang sehingga produksi insulin dalam tubuh pun meningkat.

5. Meningkatkan Daya Ingat

kKemampuan daya ingat menjadi menurun karena faktor usia. Selain itu hal tersebut juga dapat meningkatkan risiko penyakit demensia, parkinson, serta alzheimer. Konsumsi kopi dapat menjadi solusi terbaik untuk meningkatkan daya ingat dan membantu fungsi otak Anda selalu terjaga.

2019-08-09T05:30:24+00:00

Leave A Comment