Memperkenalkan Kopi Hijau Serta Manfaatnya

/, Coffee/Memperkenalkan Kopi Hijau Serta Manfaatnya

Memperkenalkan Kopi Hijau Serta Manfaatnya

Sebagai pencinta kopi, pastilah Anda pernah tahu atau setidaknya mendengar tentang kopi hijau. Kopi yang satu ini bukanlah varian atau jenis kopi baru. Akan tetapi, kopi tersebut belum memiliki banyak penikmat, khusunya di Indonesia. Meski sudah dikenal di beberapa wilayah negara, kopi hitam atau roaster bean masih menjadi pilihan pertama orang-orang Indonesia.

Apa yang Istimewa dari Kopi Hijau?

kopi hijau

Kopi hijau ini sendiri sudah terkenal sejak 1000 tahun silam di kawasan Timur Tengah. Namun, sekarang ini pun malah makin dikenal para pencinta kopi. Kopi tersebut menawarkan sensasi yang unik bagi para penikmatnya dengan karakternya yang pahit.

Salah satu hal yang membuat kopi hijau terlihat istimewa adalah manfaat yang dimilikinya, terutama untuk kesehatan. Kopi yang satu ini dipercaya banyak orang dapat mengatasi masalah kelebihan berat badan dan dijadikan sebagai minuman untuk orang yang mempunyai rencana program diet.

Kenapa disebut Green Coffee? Karena kopi jenis ini merupakan kopi yang dikonsumsi tanpa ada proses sangrai atau roasting. Dalam arti lain, kopi ini merupakan kopi yang diolah dari biji kering asli hasil penjemuran atau pengeringan.

Jenis kopi yang biasanya digunakan untuk kopi yang satu ini adalah arabika. Namun ada juga yang menggunakan kopi robusta ataupun keduanya. Dikarenakan tidak melalui proses penggorengan, maka warna bubuk kopi ini seperti namanya, hijau. Rasanya pun cenderung pahit dan tidak sepert kopi pada umumnya.

Kopi Hijau Sebagai Penurun Berat Badan

kopi hijau

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, kopi ini dipercaya bisa menjadi alternatif dalam rangka penurunan berat badan. Hal tersebut bukan hanya isapan jempol belaka. Sebuah penelitian telah membenarkan hal ini, tepatnya pada tahun 2006 lalu di BMC Complementary and Alternative Medicine. Ekstrak atau suplemen yang berasal dari biji kopi hijau terbukti dapat mengurangi lemak pada tubuh.

Hal ini dapat terjadi dikarenakan pada biji kopinya mengandung kafein sekaligus asam kloregenat di mana senyawa tersebut dapat dengan mudah dicerna dan diserat oleh tubuh manusia.

Merupakan Anti Oksidan

kopi hijau

Kopi sendiri telah terbukti sebagai minuman yang mengandung aktiosidan yang berperan aktif dalam penangkalan efek radikal bebas dalam peran perusakan sel tubuh manusia. Meminum kopi hijau rupanya dapat menjadi pencegah alami untuk mengurangi kerusakan pada sel-sel yang ada dalam tubuh. Selain itu, asam kloregenat pada kopi juga merupakan pencegah kanker yang cukup baik karena dapat mencegah penyebaran sel-sel kanker itu sendiri.

Efek Samping Mengonsumsi Kopi Hijau

kopi hijau

Memang kenyataannya mengonsumsi kopi yang satu ini dengan dosis tepat akan mendatangkan manfaat bagi yang meminumnya. Akan tetapi, di balik itu semua, jika mengonsumsi melebihi dosis yang dianjurkan dapat mendatangkan risiko. Dosis untuk konsumsi kopi tersebut yaitu maksimal 200 mg lima kali sehari dalam seminggu atau 480 mg per hari selama maksimal 12 minggu.

Kafein yang terkandung dalam kopi itu sendiri juga dapat menyebabkan insomnia jika dikonsumsi dalam kadar tertentu. Selain itu juga dapat menyebabkan gugup dan gelisah, sakit perut, mual, dan meningkatkan detak jantung.

Ada peringatan khusus bagi para penderita penyakit tertentu yang dapat memberikan kondisi yang lebih buruk, seperti untuk penderita penyakit diabetes, gangguan kecemasa, diare, glukoma, osteoporosis, dan beberapa penyakit tertentu.

Meskipun demikian, kopi yang satu ini memiliki banyak manfaat dan tentunya boleh dikonsumsi dengan syarat tidak secara berlebihan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba sesuatu yang beda dari kopi hijau.

 

2019-04-03T08:15:25+00:00

Leave A Comment