Citarasa kopi Gayo yang Kuat

/, Coffee/Citarasa kopi Gayo yang Kuat

Citarasa kopi Gayo yang Kuat

Siapa yang tak familiar dengan kopi Gayo? Kopi yang berasal dari Aceh, memiliki citarasa yang sangat kuat dengan tingkat keasanman yang cukup rendah. Kopi ini berasal dari Tanah Gayo, salah satu wilayah yang berada di Aceh. Selain itu, kopi ini masuk ke dalam daftar kopi yang memiliki kualitas yang tak dapat diragukan lagi. Karena sudah cukup populer di kalangan para pencinta dan penikmat kopi, untuk dapat menikmati jenis kopi yang satu ini, Anda dapat menikmatinya di beberapa kedai kopi yang menyajikan kopi tersebut atau banyak sekali yang menjual produk kopi ini di pasaran.

Mengenali Tempat Asal Kopi Gayo

kopi gayo

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa kopi Gayo merupakan biji kopi yang dibuddidayakan dari perkebunan kopi di dataran tinggi Tanah Gayo, Aceh. Di daerah sana, Anda dapat menikmati pemandangan pohon-pohon kopi yang terbentang luas sekaligus berinteraksi bersama para petani kopi juga mempelajari proses penanaman biji kopi.

Dataran tinggi Gayo ini memang dikenal sebagai perkebunan kopi arabika yang sangat luas. Di tempat ini pula para pasukan kolonial Belanda sudah sangat mengenalnya sebagai daerah penghasil kopi. Di sana pula, para peneliti menyatakan bahwa tanah di sana merupakan tanah yang sangat baik untuk pertumbuhan tanaman kopi.

Perkebunan kopi tersebut sebelumnya sudah mulai dikembangkan sejak tahun 1908. Tiga di antaranya merupakan perkebunan kopi terluas yang ada di Indonesia. Selain itu, produksi kopi arabika di Gayo merupakan produksi terbesar se-Asia.

Karakter dan Citaras Kopi Gayo

Sebetulnya, karakter serta citarasa yang dimiliki oleh kopi yang satu ini tak beda jauh dengan kopi Sumatera pada umumnya. Namun, ini merupakan kopi yang memiliki aroma cukup kuat. Selain itu, rasa kopi Aceh tersebut cenderung lebih nutty dan buttery dengan tingkat keasaman yang rendah. Di samping itu, kopi jenis ini sering sekali dijadikan bahan campuran untuk kopi house blend yang sisajikan di beberapa kafe.

Para petani kopi Aceh yang satu ini pada umumnya menggunakan dry method atau metode kering di mana dalam prosesnya akan membuat biji kopi cenderung terasa agak manis. Namun, ada pula kopi Aceh yang diproses dengan melalui metode fermentasi. Proses tersebut dapat menghasilkan citarasa kopi menjadi mirip sekali dengan anggur atau wine.

Namun ternyata, karakter yang dimiliki oleh jenis kopi yang satu ini dinilai tidak konsisten kendati bisa dibilang yang terbaik di dunia. Hal ini terjadi karena biji kopinya bisa menghasilkan citarasa yang berbeda-beda karena faktor-faktor tertentu.

Ketidakkonsistean citarasa kopi dikarenakan perawatan dan penanaman kopi ini dilakukan dengan treatment yang tak sama. Tentunya hal tersebut dapat berpengaruh pada kualitas serta hasil rasa asli dari kopi.

Gaya Mimun Kopi Khas Aceh

kopi gayo

Jika Anda berkunjung dan berencana menikmati sajian kopi di wilayah Gayo, Anda akan menemukan gaya minum unik yang sering dilakukan orang-orang sana. Seperti apa gaya minumnya?

Jika  cara orang-orang Eropa menikmati kopi dengan cara meminum capat. Lain halnya dengan orang-orang di daerah sana. Orang-orang di sana meminumnya dengan sangat santai dan seperti sedang betul-betul menikmati kopi yang hendak diminumnya. Barangkali tempat tinggal penduduk Tanah Gayo yang berada di dataran tinggi membuatnya merasa tidak ingin melewatkan kenikmatan kopi yang disajikan.

Bukan hanya di Gayo, kebiasaan ini juga diakukan oleh beberapa orang yang ingin menikmati kopi di mana kopi di tanam. Misalnya, di Gunung Puntang – banyak orang yang asyik menikmati aroma serta citarasa kopi puntang sekaligus menikmati indahnya pemandangan Gunung Puntang.

2019-04-03T08:48:19+00:00

Leave A Comment