Mengenal Kopi Flat White

//Mengenal Kopi Flat White

Mengenal Kopi Flat White

 

Dalam dunia kopi, minuman ini memang menjadi salah satu minuman favorite yang banyak digemari oleh seluruh orang di dunia. Seiring berkembangnya zaman, kini telah banyak dijumpai varian yang dibuat untuk memenuhi keinginan pasar. Kopi juga sering disebut sebagai minuman penghilang stress  salah satunya adalah kopi flat white. Hal ini berarti membuktikan bahwa kopi merupakan minuman yang bermanfaat bagi tubuh juga pikiran.

Dari berbagai jenis kopi yang ada di dunia, variant kopi yang memiliki rasa original dari kopi sendiri adalah Flat White, salah satu minuman olahan kopi. Flat white memang masih belum terlalu populer di Indonesia, namun variant ini sedang berusaha naik ke permukaan dan sebagian orang di dunia sedang banyak diminati karena memiliki rasa yang berbeda dari yang lainnya.

Flat White, Apa Itu?

apa itu flat white

Kopi flat white adalah minuman yang terbuat dari steamed mil dan dicampur dengan espresso. Microfoam yang terdapat dalam flat white sendiri memiliki volume yang tipis dan juga jumlah yang sedikit. Flat white memiliki takaran sekitar 140 ml. Dan dalam oembuatannya, kopi jenis ini memang memiliki rasa yang lebih original daripada kopi yang lainnya.

Bahkan untuk rasa susu yang dibuat dalam flat white ini hanya memiliki sedikit dan tidak mendominasi. Artinya memang sesuai dengan nama kopi ini bahwa flat white memang sengaja dibuat dengan campuran susu diatas espresso namun hanya sedikit.

Darimana Flat White Berasal?

asal flat white

Asal muasal flat white sebenarnya masih menjadi perdebatan yang cukup panjang. Alan Preston, seorang yang berkebangsaan Australia mengklaim bahwa ia telah menemukan flat white pertama kali tahun 1985 ketika membuka kedai kopi Moors Espresso Bar di Sydney, Australia.

Namun ada juga pengakuan yang sama dari Fraser Mclnnes seorang mantan barista di Selandia Baru yang mengaku bahwa dialah orang yang menyebut dan memakai istilah flat white untuk pertama kali ketika masih bekerja di sebuah kedai kopi di Wellington.

Akhirnya nama flat white semakin menyebar ke seluruh jajaran Kanada, Inggris dan juga Amerika Serikat. Kopi jenis ini semakin populer usai jaringan kedai kopi terkenal di dunia, Starbucks memasukkan nama flat white ke dalam salah satu menunya dan memberikan kredit kepada Australia sebagai tempat asalnya.

Yang menuai perdebatan adalah bahwa kedua negara tersebut saling klaim akan nama flat white. Dan sesungguhnya asal muasal ini masih belum daapat disimpulkan hingga saat ini.

Varian Penyajian Flat White

penyajian flat white

Masih banyak yang belum mengetahui bahwa penyajian kopi flat white ini ada berbagai cara. Namun penyajiannya ini juga tergantung pada barista serta menu yang ada. Untuk penjelasan lebih lanjut, bisa dilihat dibawah ini:

  • Flat White Tanpa Foam

Flat White tanpa foam ini merupakan jenis yang sering disajikan untuk orang yang tidak terlalu menyukai rasa creamy pada kocokan susu. Variasi ini juga paling sering digunakan di beberapa kedai kopi yang mana espresso yang digunakan tidak melebihi standar.

Rasa jenis kopi flat white tanpa foam ini juga lebih original karena lembutnya microfoam tersebut tidak akan terasa pada kopi ini. Akan tetapi susu yang dicampurkan masih terasa saat meminumnya.

  • Flat White Dengan Foam

Flat white selanjutnya adalah dengan foam. Varian ini merupakan jenis yang cukup umum disajikan pada kedai-kedai kopi khususnya oleh specialist coffee shop.

Pembuatan flat white dengan foam ini lebih terfokus pada tekstur susunya yang akan menghasilkan microfoam yang benar-benar halus. Microfoam ini harus benar-benar terasa walaupun teksturnya sangatlah halus.

2019-05-11T07:38:15+00:00

Leave A Comment