Kenikmatan Kopi Espresso yang Tak Tergantikan

/, Coffee/Kenikmatan Kopi Espresso yang Tak Tergantikan

Kenikmatan Kopi Espresso yang Tak Tergantikan

Sebagai pencinta kopi, pasti anda begitu familiar dengan kopi espresso. Kendati demikian, banyak para pencinta kopi pemula yang menghindari jenis kopi yang satu itu karena rasanya yang terkesan pahit. Namun, tak sedikit pun dari mereka sangat suka espresso karena keaslian dan kesederhananaa rasa kopi ada padanya. Padahal, jika dilihat dari sejarahnya, espresso merupakan sejenis kopi yang dianggap sakral bagi kebanyakan masyarakat di Italia. Kopi itu menjadi minuman andalan mereka untuk dapat memulai hari. Bahkan, pada pagi hari beberapa kedai kopi yang menerima antrean panjang karena orang-orang di sana sangat menyukai kegiatan minum kopi.

Yang Istimewa dari Kopi Espresso

kopi espresso

Lalu apakah yang istimewa dari keberadaannya? Espresso merupakan kopi yang paling populer di dunia. Cara membuatnya pun sangat express (cepat), itulah mengapa disebut espresso. Karena kopi yang satu ini dapat diseduh dengan skala waktu yang sangat singkat. Bubuk kopi yang sudah tersaji dalam cangkir kemudian diseduh dengan air panas bertekanan tinggi.

Dari espresso pulalah sebetulnya kepopuleran kegiatan minum kopi bermula, khusunya di beberapa negara di Eropa.

Sebelum Anda menikmati kopi jenis lain seperti latte, macchiato, cappuccino, dan kopi jenis lainnya – kopi espresso merupakan induk segala jenis kopi. Pasalnya, untuk menikmati kopi ini, para barista tidak mesti menentukan takaran campuran gula, krim, susu, dan tetekbengek lainnya. Cukup seduh dengan air panas dengan suhu tertentu dan…voila. Keaslian dan kesederhanaan kopi ini dapat Anda nikmati.

Perkembangan Espresso

kopi espresso

Espresso begitu populer di Eropa, terlebih di negara asalnya, Italia. Namun di Indonesia sendiri kopi jenis ini tidak terlalu begitu populer. Orang-orang lebih memilih menikmati “turunannya” seperti cappuccino, macchiato, dan yang kopi jenis lainnya. Hal ini dikarenakan proses pembuatan espresso di Indonesia dengan Eropa  berbeda (meskipun dewasa ini perkembangan kopi telah berkembang  begitu pesat).

Awalnya, di beberapa kedai kopi untuk membuat espresso hanya disediakan mesin pembuat kopi yang dioperasikan secara manual, namun seiring perkembangan zaman, diciptakanlah mesin espresso dengan pengaturan tertentu yang akan mempermudah barista untuk menyajikannya. Dan sekitar tahun 1980-an, popularitas kopi asli Italia ini naik dengan pesat. Beberapa kedai kopi membuat varasi kopi yang berasal dari espresso. Dari sanalah muncul “keturunan-keturunan” espresso yang tadi disebutkan.

Ciri-ciri Espresso yang Bagus

kopi espresso

Meskipun terlihat seperti kopi biasa saja, ternyata ada beberapa ciri-ciri yang menyatakan bahwa kopi tersebut akan nikmat jika diminum. Berikut ini beberapa ciri espresso yang nikmat:

  • Espresso yang nikmat dan baik biasanya permukaannya berwarna kecoklatan seperti hazelnut. Selain itu akan muncul crema (buih-buih) saat air dituangkan ke dalam kopi, meskipun tidak muncul terlalu lama.
  • Espresso akan terasa nikmat apabila diminum dalam keadaan masih sangat fresh, saat air panas baru beberapa saat dituang. Karena, jika diminum dalam keadaan fresh, aroma espresso akan tercium sangat harum.
  • Pembuatan espresso dengan kualitas yang baik biasanya mesti di bawah kendali barista. Walaupun pembuatan kopi tersebut menggunakan mesin. Dalam pembuatannya, dia memiliki tugas untuk mengalibrasi mesin penggiling kopi serta menetukan takaran bubuk kopi yang pas. Selain itu, dia juga bertugas menentukan takaran air dan suhu air panas untuk kopi menyajikan kopi.

Jika Anda merasa bermasalah dengan berat badan, namun merasa tidak bisa hidup tanpa minum kopi. Espresso adalah sebuah jalan. Ternyata, kalori yang terkandung dalam kopi ini tidaklah tinggi dan aman diminum bagi Anda yang sedang melakukan diet. Espresso memang selalu nikmat.

2019-04-03T08:34:43+00:00

Leave A Comment