Kopi Cappucino Yang Terpopuler Di Dunia

//Kopi Cappucino Yang Terpopuler Di Dunia

Kopi Cappucino Yang Terpopuler Di Dunia

 

Anda adalah pecinta kopi? Pasti sudah tidak asing lagi dong mendengar nama jenis kopi cappucino? Yah, kopi cappucino memang sangat populer di Indonesia.

Cappucino sendiri adalah minuman khas ala Italy yang dibuat dari espresso dicampur dengan susu, namun referensi lain juga ada yang menyebut bahwa Cappucino ini berasal dari biji kopi tentara Turki yang tertinggal usai perang di daerah Wina. Konon menurut cerita rasa biji kopi tersebut sangatlah menyengat sehingga tersiratlah dibenak penemunya untuk mencampurkan krim dan madu dalam menyajikan kopi, dan karena dengan mencampurkan madu dan krim pada kopi tersebut, kopi ini akhirnya menjadi berubah warna menjadi coklat yang sangat mirip dengan warna jubah yang dikenakan oleh para biksu dari biara Capuchin, maka mulai saat itulah masyarakat disekitar memberi nama kopi tersebut sebagai kopi cappuccino.

Di negara asalnya, Italy, kopi cappucino biasanya diminum hampir setiap pagi hari untuk menemani sarapan. Namun di beberapa negara lain, cappucino diminum setiap hari atau usai makan malam.

Idealnya, cappucino ini dibyat di sebuah cangkir kopi keramik yang memiliki daya simpan panas yang jauh lebih baik dari pada gelas kaca atau gelas kertas.

Unsur Dalam Kopi Cappucino

unsur kopi cappucino

Selain harus menggunakan espresso yang baik, unsur yang terpenting dalam pembuatan kopi cappucino adalah tekstur dan juga temperatur susu. Sebab seorang barista yang telatih dengan baik untuk memenaskan susu cappucino, ia harus dapat menciptakan microfoam dengan memasukan busa-busa udara yang halus ke dalam susu tersebut. Hal ini yang membuat susu tersebut menjadi sangat halus dan terasa manis.

Cappucino juga biasanya terdiri dari 3 unsur, yakni 1/3 espresso, kemudian 1/3 susu yang dipanaskan dan yang terakhir 1/3 susu yang dikocok hingga berbusa. Namun ada juga yang menyebutkan bahwa unsur cappucino terdiri dari 1/3 espresso dan 2/3 mikrofoam.

Jenis Kopi Cappucino

jenis kopi cappucino

Kopi cappucino sebenarnya memiliki berbagai jenis loh, apakah anda tahu? Mau tau apa aja janis dari kopi cappucino? Yuk simak.

  • Traditional Cappucino

Jika cappucino pada umumnya terdiri dari 1/3 espresso, 1/3 susu dan 1/3 busa susu, maka hal tersebut tidak terlalu disukai oleh beberapa orang, sebab terkadang cappucino itu terasa pahit. Rassanya tentu akan lebih enak karena foamed milk menjadi bias dan menyebar ke seluruh bagian atau bisa dibilang rata semua.

  • Cappucino Freddo

Cappucino Freddo sendiri merupakan minuman berversi dingin dari cappucino, freddo sendiri berisi buih susu dingin di bagian atas. Sekarang cappucino fredo telah banyak tersedia di berbagai daerah di Italy, namun biasanya tidak disajikan menggunakan es batu. Jenis ini juga sangat terkenal di Yunani. Di daerah Mediterania sendiri memiliki sedikit variasi yang berbeda dari cappucino freddo, dimana foam susu disana ditambahkan kedalam minumannya sesaat sebelum disajikan.

  • Cappucino Chiaro

Cappucino Chiaro sering disebut sebagai wet cappucino atau white cappucino. Cappucino chiaro dan caapucino traditional merupakan vappucino basah yang mengandung sedikit lebih banyak susu panas dan lebih sedikit foam diatasnya.

  • Cappucino Scuro

Scuro merupakan jenis cappucino kering dan memiliki kandungan sedikit susu, namun mempunyai foam yang terlalu banyak. Pada dasarnya cappucino yang kering ini adalah lebih digemari oleh orang orang yang menyukai rasa pahit dari kopi. Namun mungkin masih merasa belum terlalu menyukai espresso.

2019-05-11T07:54:29+00:00

Leave A Comment