Harga Jual Kopi Arabika Terbaik dan Berkualitas

/, Coffee/Harga Jual Kopi Arabika Terbaik dan Berkualitas

Harga Jual Kopi Arabika Terbaik dan Berkualitas

Kopi, termasuk pula kopi arabika adalah salah satu jenis minuman yang begitu istimewa di mata dunia. Minuman yang satu itu merupakan komoditi yang menjanjikan. Banyak orang yang mampu menghabiskan waktunya di kedai kopi berlama-lama hanya demi merasakan “seni minum kopi” untuk dapat menikmati kopi yang enak dan sempurna.

Keunikan Citarasa  Kopi Arabika

kopi arabika

Kopi arabika merupakan salah satu jenis biji kopi yang paling sering ditanam oleh para petani. Tanaman ini bisa dibudidayakan di ketinggian 600 hingga 2000 meter dari permukaan laut, di mana memerlukan perrawatan dan perhatian khusus dalam penanamannya. Biasanya kopi dapat ditanam pada daerah yang memiliki iklim sub tropis yang memiliki suhuh sekitar 15 sampai dengan 24 derajat celcius. Selain itu, kopi arabika sangat memerlukan kelembapan, tanah yang subur, serta sinar matahari yan cukup. Apabila tanaman kopi arabika tidak mendapatkan perawatan yang tepat, maka akan mudah dan rentan terserang wabah atau hama yang menjadikannya rusak.

Bentuk dari biji kopi jenis ini adalah oval dan sedikit lebih panjang. Biasanya pula, tinggi dari tanaman kopi arabika dapat mencapai 2,5 sampai dengan 4,5 meter. Kopi arabika juga  merupakan kopi yang sangat banyak peminatnya dan hampir 75% produksi kopi di dunia menanam biji kopi yang satu ini.

Selain itu, para penikmat kopi umumnya juga lebih menyukain jenis kopi ini. Pasalnya, arabika memiliki citarasa yang unik dan berbeda dari yang lainnya. Rasanya sedikit asam campur pahit, aromanya begitu nikmat dan sangat  cocok di lidah para pencinta minuman yang satu ini.

Harga Jual Kopi Arabika Indonesia di Pasaran

kopi arabika

Mengapa harga suatu jenis kopi mahal? Mengapa pula ada kopi dengan harga standar? Hal ini ternyata bisadipengaruhi dari faktor-faktor tertentu seperti, perawatan pohon dan beberapa tahap serta proses  hingga menjadi kopi. Selain itu, biasanya citarasa juga dapat menjadi penentu harga.

Kopi arabika mengandung sebuah zat alami yang berfungsi untuk memebrikan ketenangan pada tubuh orang yang mengonsumsinya. Zat tersebut bernama polifenol dan flavonoid, juga saponin yang memiliki fungsi sebagai zat perangsang sistem saraf yang ada di dalam tubuh.

Di Indonesia itu sendiri, terdapat beberapa jenis kopi arabika terbaik, di antaranya: toraja, Bali, Sumatera, Papua, serta kopi arabika Jawa. Harga kopi arabika sendiri berbeda-beda dan bervariasi. Kopi yang dijual pun beda, ada roast bean (biji kopi yang telah disangray), green bean (biji kopi yang telah dijemur setelah proses pengupasan), dan kopi yang tinggal seduh.

Karakteristik Kopi Arabika

kopi arabika

Cara membedakan kopi jenis ini dengan kopi yang lainnya cukup mudah. Dilihat dari fisiknya, kopi tersbut batangnya lebih ramping dan kecil juga tingginya terbilang pendek jika dibadingkan dengan kopi robusta. Selain itu, pohon kopi arabika memiliki cabang yang banyak, dan daunnya yang tidak terlalu lebar. Namun, biji kopinya sendiri memiliki kulit yang tebal serta produktiviatas buahnya tadak lebih banyak dengan kopi jenis robusta.

Selain itu, arabika memiliki aroma yang kuat dengan kadar kafein yang rendah. Juga, rasa memiliki rasa asam yang begitu kuat dan dominan. Akan tetapi, rasa asam yang terdapat pada biji kopi jenis tersebut dapat diatasi dengan cara mencampurnya bersamaan dengan kopi jenis lain supaya rasanya lebih nikmat. Dengan pencampuran demikian, akan diperoleh kopi dengan cita rasa sempurna. Meskipun tak dapat dipunkiri bahwa banyak juga pencinta kopi yang sangat menyukai rasa original kopi arabika.

 

 

2019-04-03T08:37:34+00:00

Leave A Comment