Mengetahui Asal Usul Kopi Dan Penyajian Ala Americano

//Mengetahui Asal Usul Kopi Dan Penyajian Ala Americano

Mengetahui Asal Usul Kopi Dan Penyajian Ala Americano

Kopi adalah sebuah minuman yang berasal dari seduhan biji kopi yang telah diolah. Cara pengolahan kopi pada umumnya adalah dengan disangrai kemudian dihaluskan menjadi bubuk dengan kemudian disajikan dengan cara diseduh.

Kopi sendiri merupakan salah satu minuman yang banyak digemari oleh banyak masyarakat di seluruh dunia. Bahkan tanaman kopi merupakan yang banyak dibudidayakan oleh lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi sendiri yang dikenal secara umum adalah Kopi Robusta serta Arabika.

Sejarah Penemuan Kopi

sejarah peminum kopi

Sejarah sendiri mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman yang berkhasiat serta berenergi untuk pertama kalinya ditemukan oleh bangsa Eutipia di benua Afrika, yakni sektar 3000 tahun atau 1000 tahun sebelum masehi. Penemuan tersebut kemudian terus berkembang hingga saat ini dan menjadi salah satu minuman yang paling populer di dunia yang dikonsumnsi oleh berbagai kalangan masyarakat di seluruh dunia.

Pemrosesan kopi sebelum dihidangkan dan diminum sendiri harus mengalami rangkaian yang cukup panjang dan lama. Mulanya kopi yang sudah matang di panen, kemudian dilakukan pemrosesan dengan cara pengeringan sebelum menjadi kopi gelondong. Lalu proses selanjutnya adalah penyangraian dengan derajat yang bervariasi sesuai selera, usai penyangraian, biji kopi lalu digiling dan dihaluskan menjadi bubuk sebelum dapat dihidangkan dan diminum.

Cara Menikmati Kopi

cara menikmati kopi

Cara orang dalam menikmati kopipun sangat bervariasi. Ada orang yang memang menyukai kopi tanpa ada embel embel gula, susu, atau krim. Namun banyak juga orang yang tidak menyukai kopi hitam yang pahit.

Kopi hitam yang paling banyak dikenali sendiri adalah Espresso. Espresso merupakan kopi murni yang diseduh menggunakan air panas tanpa ada tambahan apapun seperti krim ataupun susu. Kopi jenis ini disajikan dengan sangat kental, bahkan terkadang diminum tanpa tambahan gula sama sekali dan rasanya memang sangat pahit.
Sebenarnya ada banyak minuman kopi yang berbasis espresso, yakni dari mulai espresso itu sendiri, kemudian latte, mocha, cappuccino dan masih banyak lagi yang populer di coffe shop. Namun ada cara penyajian yang unik dalam menikmati espresso, yakni kopi americano.

Pernahkah Anda Mencoba Kopi Americano?

pernah coba americano?

Americano sendiri merupakan minuman kopi espresso yang diseduh dengan tambahan air panas, atau dibuat lebih encer. Penyebutan Americano sendiri mulanya adalah sebagai lelucon dan juga ejekan untuk orang-orang Amerika yang suka meminum espresso namun dibuat menjadi lebih encer.

Jika dilihat secara kasat mata, kopi americano memang nampak serupa dengan kopi hitam atau kopi tubruk. Namun pembuatan kopi americano sebenarnya tidak sama seperti pembuatan kopi hitam pada umumnya.

Anda jangan sampai salah mengira bahwa kopi americano sama dengan kopi hitam biasa, sebab kopi americano dibuat dari 1-2 shot espresso yang kemudian ditambah dengan air panas diatasnya. Anda juga tidak akan menemukan buih berwarna coklat yang kental seperti dalam espresso. Sebab crema yang biasa ditemukan dalam permukaan espresso akan terpecah oleh siranab air panas. Maka dari itu americano akan menyerupai dengan kopi hitam.

Rasio Kopi Americano

rasio americano

Rasio antara espresso dengan air panas secara umum adalah 1:4. Satu untuk single atau double shot espresso, dan empat adalah untuk air panas. Penyajian americano dalam satu cangkir sendiri biasanya sebanyak 240 ml. Selain rasio tersebut, ada juga beberapa orang yang menyajikan menggunakan rasio 1:2 atau bahkan 1:1. Hal ini sah sah saja, sebab selera orang dalam menikmati kopi americano itu berbeda-beda.

2019-05-11T08:18:43+00:00

Leave A Comment