Kopi Affogato Sebagai Dessert atau Beverage?

//Kopi Affogato Sebagai Dessert atau Beverage?

Kopi Affogato Sebagai Dessert atau Beverage?

Jenis kopi di dunia kini sudah amat beragam, kopi juga kini sudah tidak meelulu entang kopi tubruk. Italy adalah negara yang paling banyak menyumbang istilah dalam dunia perkopian. Ya, lagi-lagi negara yang biasa yang terkenal dengan makanan pizza inilah yang paling banyak menyumbang varian yang paling diminati diseluruh dunia.  Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kata cappuccino, espresso, dan mocha. Namun apakah anda pernah mendenar kata kopi affogato?

Yah, affogato berasal dari Italy. Secara etimologi, affogato mempunyai makna tenggelam. Hal ini terlihat dari cara penyajian kopi ini. Yakni dengan cara menenggelamkan satu scoop es krim vanilla gelato dalam cairan kopi espresso. Namun secara global, affogato merupakan perpaduan mantap antara kopi dengan es krim.

Affogato Menjadi Perdebatan

perdebatan affogato

Di luar Italy sebagai negara asal affogato, seperti Amerika Serikat, kedai kopi atau restaurant banyak yang masih memperdebatkan mengenai penempatan menu kopi affogato. Apakan affogato ini masuk ke dessert atau murni sebagai beverage?

Tetapi di negara ia berasal, affogato lebih cenderung pada dessert daripada beverage. Namun anda sah sah saja jika memesan affogato sebagai hidangan pembuka, penutup atau yang dinikmati satuan juga tidak masalah. Namun affogato sebagai dessert bagi pecinta kopi dan es krim ini juga dapat dinikmati dalam berbagai suasana.

Di beberapa kedai atau restaurant di seluruh dunia, banyak yang telah memodifikasi affogato. Kini mereka telah banyak menambahkan isi dibalik es krim yang ada. Biasanya berupa coklat, roti, kue kecil, pie, pudding, atau yang lainnya sesuai dengan kreativitas sang barista. Bahkan ada yang menambahkan topping lagi diatas es krim, seperti kacang, permen bahkan whipped cream.

Jenis-Jenis Affogato

jenis dari affogato

  1. Amaretto Affogato

Amaretto adalah minuman beralkohol khas Italy yang memiliki kadar gula yang cukup tinggi, yakni sekitar 100 gram dalam satu liternya. Amaretto terbuat dari bahan dasar buah kenari atau biji buah aprikot yang dicampur dengan rempah seperti vanili. Pada umumnya amaretto berkadar alkohol 25%. Cara pembuatan amaretto affogato sendiri adalah dengan alkohol Amaretto dengan espresso, es krim rasa vanilla, dan chocolate stout, maka voila, yang dicampur menjadi satu dan jadilah Amaretto Affogato

  1. Chocolate Stout Affogato

Cara pembuatan chocolate stout affogato ini tergolong mudah, anda hanya perlu mempersiapkan 4 jenis bahan yakni coffee liqueur, air soda, satu botol stout atau chocolate stout dan 1 pint es krim cokelat. Pertama anda masukan satu sendok makan coffee liqueur. Kemudian tuangkan ½ cangkir seltzer lalu tuang rata stout di gelas. Setelah itu tambahkan satu atau dua sendok es krim diatasnya.

  1. Frangelico Affogato

Frangelico Affogato lebih simple lagi, ia hanya membutuhkan ice cream, kemudian ¼ cangkir kopi yang strong dan tambahan Frangelico atau hazelnut liqueur. Pembuatannya juga anda hanya perlu menuangkan kopi dan frangelico di atas es krim yang telah dimasukin ke dalam wadah, kemudian siap disajikan. Perpaduan es krim dan kopi serta alkoholnya akan sangat menggugah ketika dinikmati.

Affogato Cukup Menjadi Primadona

affogato primadona

Karena rasanya yang enak apalagi bagi pecinta es krim, maka tak heran kopi affogato adalah salah satu cara lain untuk dapat menikmati kopi dengan es krim secara bersamaan. Bagi yang tidak menyukai rasa pahit dalam kopi, ini akan menjadi alternatif dalam penikmatannya.

Affogato juga sangat mudah kita buat sendiri di rumah. Yang perlu Anda siapkan hanyalah es krim gelato dan juga mesin pembuat espresso.

Jika tidak terlalu kuat meminum kopi, maka bisa menggantinya dengan coklat cair ke atas es krim. Namun buat pertama kali, anda wajib mencoba gunakanlah espresso. Agar Anda tahu dulu rasa orisinilnya dari affogato ini.

2019-05-27T14:24:16+00:00

Leave A Comment