Beberapa Jenis Minuman Olahan Kopi

/, Coffee/Beberapa Jenis Minuman Olahan Kopi

Beberapa Jenis Minuman Olahan Kopi

Jika kita mengunjungi kafe atau kedai kopi, pasti terdapat beberapa jenis minuman olahan kopi yang tersedia. Tiap penikmat kopi memilki selera tersendiri untuk dapat menikmati kopi. Banyak orang yang lebih memilih menikmati kopi dengan memesan kopi murni tanpa campuran apa-apa, namun tak sedikit pula yang suka orang yang menikmati kopi dengan cara berbeda. Contohnya saja, menikmati minuman yang diolah dengan memakai kopi sebagai bahan dasarnya. Jika Anda penikmat minuman olahan kopi, jenis minuman apa yang selalu Anda pesan?

Espresso

esspresso

Nama “Espresso” berasal dari bahasa Italia artinya  express atau cepat. Kopi espresso merupakan jenis kopi olahan yang sangat populer di kalangan pencinta kopi. Umumnya, kopi ini  diseduh dengan menyemburkan air panas bertekanan tinggi ke bubuk kopi.

Americano

jenis minuman olahan kopi

Tahu Americano? Keberadaan minuman yang satu ini berawal dari salah seorang warga negara Amerika yang ingin menikmati espresso namun tidak terlalu kental dan pekat. Sehingga espresso yang hendak diminumnya itu akhirnya ditambahkan lagi dengan air panas.

Tentu saja, baik itu Americano maupun Espresso tidak ada bedanya secara proses pembuatan. Yang membedakan hanya tingkat kekentalannya saja. Selain itu, Americano juga bisa dinikmati dalam keadaan dingin.

Jika kamu tipikal penikmat kopi yang tidak terlalu suka kopi yang terlalu kental, Americano cocok untuk Anda coba.

Macchiato

jenis minuman olahan kopi

Sama halnya dengan Americano, macchiato juga merupakan minuman berbahan dasar kopi yang berasal dari espresso. Namun apa yang membedakan jenis minuam olahan kopi yang satu ini dengan Americano? Jika Americano adalah espresso yang ditambahkan air panas, maka mascchiato ini espresso yang ditambahkan dengan sedikit susu (steam milk) namun tanpa diaduk. Susu yang dcampurkan dengan kopi tersebut seperti sengaja supaya terlihat diendapkan.

Flat White

flat white

Kopi flat white adalah minuman yang terbuat dari steamed mil dan dicampur dengan espresso. Rasa susu yang dibuat dalam kopi yang satu ini (flat white) ini hanya sedikit serta tidak terlalu mendominasi. Sesuai dengan nama kopi ini bahwa flat white memang sengaja dibuat dengan campuran sedikit susu yang diracik di atas espresso.

Kopi Mocha

olahan kopi mocha

Kopi Mocha adalah minuman kopi yang terbuat dari campuran espresso dengan coklat dan susu. Hingga saat ini, racikan dari kopi mocha telah biasa dicampur dengan varietas lainnya untuk menciptakan ciri khas atau rasa yang unik.

Minuman olahan yang satu ini terbuat dari beberapa komposisi, di antaranya kopi, krimer, susu dan yang paling menentukan rasanya adalah perpaduan dari bubuk cokelat atau sirup cokelat yang ikut diracik dalam minuman tersebut.

Affogato

miuman olahan affogato

Affogato merupakan salah satu minuman berbahan dasar kopi yang disajikan dengan es krim. Sajian kopi unik ini berasal dari Italia. Dalam bahasa Italia affogato berarti tenggelam. Maksud dari penamaan itu adalah untuk menggambarkan satu scoop es krim yang tenggelam oleh siraman segelas espresso.

Kopi Latte

olahan kopi latte

Kopi latte merupakan salah satu minuman olahan kopi yang menggunakan campuran 1 per 3 (1/3) sepresso dengan steam milk yang berasal dari Italia. Komposisi minuman kopi yang satu ini nyaris sama dengan cappucino. Selain itu, proses pembuatannya juga  mirip cappuccino, namun dengan hasil steam yang lumayan berbeda, karena foam yang terdapat pada minuman kopi yang ini tidak perlu terlalu kental seperti halnya cappuchino.

Rasio campuran espresso dan susu dari kopi latte umumnya menggunakan perbandingan  1:2.  Misalnya menggunakan espresso 40 ml maka campuran susunya harus sebanyak 80 ml. Susu yang telah di-steam dicampurkan dengan espresso dengan menuang susu tepat ke tengah kopi secara perlahan-lahan sehingga menghasilkan rasa kopi yang nikmat.

2019-05-14T07:24:42+00:00

Leave A Comment