Berbagai Jenis Mesin Espresso

//Berbagai Jenis Mesin Espresso

Berbagai Jenis Mesin Espresso

Espresso memang telah populer sejak zaman dahulu. Kehadiran espresso ini dapat menjadi momentum berkembangnya coffee shop di seluruh dunia. Kepopuleran espresso tak lepas dari proses pembuatannya yang unik sehingga menjadi pusat perhatian. Ciri khas krim yang terdapat di permukaan dihasilkan dari serbuk kopi yang disiram dengan air yang sangat panas. Oleh karena itu, proses pembuatannya memakan waktu yang cukup lama. Dari alasan inilah pada akhirnya ditemukan jenis mesin espresso untuk memudahkan proses pembuatan dan memangkas waktu.

Pada awalnya, mesin espresso dibuat secara sederhana oleh Angelo Moriondo, seorang pria asal Italia. Namun pada akhirnya semakin banyak orang yang ikut menciptakan mesin espresso dengan terus memperbaiki setiap kekurangan yang ditemukan.

Bagian-bagian Mesin Espresso

jenis mesin espresso

Pada dasarnya, mesin espresso memiliki bagian-bagian sebagai berikut:

1. Portafilter

Bagian ini terdiri dari handle, basket, dan spout. Portafilter merupakan bagian untuk menyimpan kopi yang akan diekstraksi.

2. Water boiler

Ini merupakan tempat untuk mendidihkan air.

3. Group Head

Bagian ini merupakan tempat untuk mengektraksi serbuk kopi dengan air yang panas.

4. Extraction switch

Tombol ini berfungsi untuk memulai ataupun memberhentikan proses ekstraksi espresso.

5. Steam wand

Pipa ini bertugas sebagai tempat untuk mengeluarkan uap ketika memanaskan dan membuihkan susu. Ini biasa dilakukan ketika akan membuat espresso dengan campuran susu. Proses membuat buih susu ini disebut juga frothing.

6. Steam knob

Merupakan tombol untuk mengatur pengoperasian uap steam wand. Tombol ini akan berbeda sesuai dengan jenis mesin, ada yang dipijit ataupun diputar ketika mengatur jumlah uang yang ingin dikeluarkan.

7. Tamper

Alat ini memiliki fungsi untuk membuat bubuk kopi menjadi padat pada portofilter dengan cara menekannya. Bentuknya seperti alat cap atau stempel.

8. Drip Tray

Sisa air dan ampas kopi pada saat ekstraksi akan ditampung pada tempat ini.

9. Knockbox

Bagian merupakan tempat untuk membuang ampas ekstraksi kopi, dan terpisah dari mesin utama.

Berikut Jenis Jenis Mesin Espresso

jenis jenis mesin espresso

Seiring perkembangan teknologi, mesin espresso pun mengalami perkembangan. Banyak mesin yang mengalami modifikasi pada bagian tertentu untuk efisien dan efektifitas pada saat melakukan ekstraksi.

1. Mesin manual

Mesin ini memiliki desain klasik yang cukup elegant, hanya saja teknik penggunaanya masih sangat sederhana dan bergantung pada penggunanya.

2. Mesin semi-automatic

Pada mesin ini penggunanya masih harus melakukan penggilingan dan memadatkan serta menakar kopi sebelum diekstraksi.

3. Mesin automatic (pod coffee)

Ciri utama dari mesin ini adalah penggunaan kapsul untuk membuat kopi. Pengguna hanya perlu memasukan kapsul pada mesin untuk menghasilkan kopi yang diinginkan.

4. Mesin super-automatic

Mesin ini dapat mengerjakan semua tahapan membuat espresso, mulai dari menggiling, memadatkan hingga memanaskan kopi. Pengoperasiannya yang sangat mudah hanya dengan menekan tombol membuat mesin ini sangat simpel untuk membuat ekstraksi kopi.

5. Mesin komersial-profesional

Sesuai dengan namanya, mesin ini memang ditujukan untuk kebutuhan komersial. Mesin ini memiliki ukuran besar dan sistem pengoperasian yang cukup kompleks, sehingga membutuhkan operator yang benar-benar memahami cara kerja mesin. Sistem kerja mesin ini sudah sangat lengkap dariawal hingga proses ekstraksi espresso dengan sempurna.

Kenikmatan secangkir espresso memang membutuhkan perjuangan yang cukup panjang. Tapi bagi para penggemar, kesediaan menunggu itu akan terbayar ketika merasakan lezatnya esspresso asli ataupun dengan perpaduan bahan yang lainnya.

2019-06-28T09:00:36+00:00

Leave A Comment