Jenis Kopi di Indonesia yang Populer

/, Coffee/Jenis Kopi di Indonesia yang Populer

Jenis Kopi di Indonesia yang Populer

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesear setelah Brazil, Vietnam, dan Kolumbia. Berbagai jenis kopi di Indonesia kita merupakan kopi-kopi terbaik yang sudah tak bisa diragukan lagi kualitasnya. Bukan hanya itu, kopi  Indonesia merupakan kopi yang banyak digemari oleh masyarakat domestik maupun luar negeri.

Hal ini dikarenakan dari sekian banyak jenis kopi Indonesia terdapat beberapa kopi unggulan yang sudah mencapai pasar internasional serta menjadi komoditi yang menjanjikan.

Kopi Puntang

jenis kopi di indonesia

Terdapat banyak sekali perkebunan kopi yang mengolah kopi sebagai teman bersantai. Di Bandung, terdapat salah satu gunung yang di dalamnya ada perkebunan penghasil kopi, yakni gunung Puntang.

Gunung puntang merupakan gunung yang sudah dijadikan kasawasan argowisata di mana terdapat beberapa spot yang dapat dikunjung para wisatawan.

Bukan hanya itu, kopi puntang pun sangat terkenal di sana. Bagi Anda yang berniat mengunjungi Gunung Puntang untuk berwisata, tak ada salahnya jika Anda mencoba sensasi kopi puntang dengan citarasa yang khas dan nikmat sembari menkmati pesona pemandangan di sana.

Kopi Luwak

jenis kopi di indonesia

Siapa yang tak pernah tahu kopi luwak? Kopi ini masuk ke dalam jenis kopi di Indonesia yang sangat populer di kalangan para penikmat kopi, bahkan sampai ke luar negeri. Kopi yang satu ini terkenal karena proses pengolahannya yang tak biasa, yaitu dengan melibatkan hewan luwak.

Meskipun pada dasarnya proses pengolahan kopinya sama seperti pengolahan kopi pada umumnya. Perbedaan pengolahan kopi luwak yang paling jelas terdapat pada proses fermentasinya. Kopi biasa difermentasi menggunakan alat-alat tertentu seperti cara penyimpaannya yang dimasukkan dalam wadah kayu atau bisa juga wadah dari semen yang kemudian ditutup dengan menggunakan karung goni basah. Kopi fermentasi tersebut selanjutnya harus dibiarkan selama 12 sampai 24 jam. Sementara itu, pada kopi luwak, proses fermentasi terjadi secara unik yaitu berlangsung di dalam perut hewan luwak selama mencerna biji kopi yang dimakannya.

Kopi Hijau

jenis kopi di Indonesia

Kopi hijau atau yang dikenal juga dengan sebutan green coffee merupakan salah satu jenis kopi di Indonesia yang juga cukup terkenal meskipun tidak banyak peminatnya. Kopi hijau memiliki banyak sekali manfaat jika dikonsumsi dengan takaran dan dosis tertentu. Hal yang membuat kopi hijau istimewa adalah manfaat yang dimilikinya, salah satunya untuk kesehatan. Kopi yang satu ini dipercaya banyak orang dapat dan dijadikan sebagai minuman untuk orang yang mempunyai rencana program penurunan berat badan.

Disebut green coffee dikarenakan kopi jenis ini merupakan kopi yang dikonsumsi sebelum melakukan proses roasting dalam pengolahannya. Kopi hijau ini merupakan kopi yang diolah dari biji kering hasil penjemuran. Kopi yang digunakan untuk pembuatan kopi hijau biasanya adalah kopi arabika.

Kopi Gayo

jenis kopi di Indonesia

Kopi Gayo juga termasuk dalam salah satu jenis kopi di Indonesia yang cukup terkenal, bahkan sampai ke mancanegara. Kopi ini berasal dari Tanah Gayo, salah satu wilayah yang terletak di Aceh. Para petani kopi gayo pada umumnya menggunakan metode kering (dry method) yang mana dalam prosesnya akan membuat biji kopi cenderung terasa agak manis. Namun, ada pula kopi Aceh Gayo yang diproses dengan melalui metode fermentasi. Proses tersebut dapat menghasilkan citarasa yang menjadi nyaris persis dengan rasa anggur (wine).

Orang-orang wilayah Gayo senang sekali menikmati kopi khas sana dengan bersantai sembari menyaksikan pemandangan indah yang tertuju pada perkebunan kopi.

 

 

 

 

 

 

2019-04-03T08:46:49+00:00

Leave A Comment