Apa Saja Manfaat dan Dampak Minum Kopi Bagi Ibu Hamil?

//Apa Saja Manfaat dan Dampak Minum Kopi Bagi Ibu Hamil?

Apa Saja Manfaat dan Dampak Minum Kopi Bagi Ibu Hamil?

Kopi merupakan minuman favorit bagi beberapa kalangan, namun bagaimana jika ibu hamil minum kopi dan seperti apa dampaknya? Walaupun sebetulnya bukan hanya asupan kopi saja yang perlu dibatasi oleh ibu hamil.

Akan tetapi, ada beberapa makanan dan minuman lain yang mengandung kafein juga mesti diperhatikan. Misalnya,  cokelat, minuman ringan dan juga teh. Selain itu, kafein juga biasanya ditambahkan ke dalam obat flu juga minuman pembangkit tenaga lainnya.

Manfaat Bagi Ibu Hamil Minum Kopi?

manfaat ibu hamil minum kopi

Salah satu penyakit yang sering menjadi permasalahan bagi ibu hamil salah satunya adalah penyakit kardiovaskular. Penyakit tersebut dapat menyebabkan masalah pada janin. Manfaat kopi yang dapat diterima oleh ibu hamil salah satunya adalah menstabilkan gula darah sehingga jantung pun bekerja dengan normal. Selain itu ada beberapa kandungan dalam kopi lainnya yang memberikan manfaat.

1. Kopi Menjaga Stamina Ibu Hamil

Seperti yang telah kita tahu bahwa ibu hamil sangat mudah merasa lelah. Maka dari itu,  diperlukan asupan untuk menambah energinya, salah satunya adalah kopi.

Minuman yang satu ini dapat membangkitkan tenaga bagi ibu hamil. Kafein yang terkandung pada kopi dapat merangsang otak dalam pembentukan energi serta membuat aliran darah lancar. Hal ini akan membuat  ibu hamil dapat melakukan aktivitas seperti biasa.

2. Membuat Mood Ibu Hamil Lebih Stabil

Mood atau suasana hati ibu hamil biasanya selau mudah naik dan turun. Hal tersebut dapat memengaruhi kondisi janin yang dikandungnya. Ternyata jika ibu hamil minum kopi, maka kondisi suasana hatinya akan lebih stabil. Selain itu, cita rasa dan aroma kopi yang khas dapat menciptakan energi positif untuk ibu hamil dapat melakukan rutinitas pada umumnya.

3. Meningkatkan Sistem Kerja Saraf

Kadar kafein yang terkandung di dalam secangkir kopi juga dapat berfungsi dalam hal melancarkan sistem saraf. Hal ini dikarenakan pada kopi, kadar kafein dapat meningkatkan produksi hormon epinefrin yang akan memudahkan sistem kerja otak. Tidak hanya itu, perasaan mudah stress pun bisa hilang hanya dengan menikmati segelas kopi.

4. Melancarkan Tekanan Darah

Karena kopi dapat menjadi pemicu produksi hormon epinefrin, kafein pada kopi juga memiliki fungsi sebagai pelancar aliran darah. Terutaman untuk ibu hamil yang menderita anemia, minuman ini sangat cocok untuk melancarkan tekanan darahnya. Sebaliknya, minuman ini tidak cocok bagi penderita hipertensi karena minuman ini semakin menambah tekanan darah.

Walaupun demikian, tetap saja dosis atau takaran dalam mengonsumsi kopi harus sangat diperhatikan.

Dampak Minum Kopi Bagi Ibu Hamil

dampak ibu hamil minum kopi

Meminum kopi bagi ibu hamil dengan dosis tertentu dan tidak berlebihan memang ada manfaatnya. Namun, bagaimana dengan dampak dan risiko yang akan diterima bagi ibu hang tetap ingin mengonsumsi minuman berkafein tersebut secara berlebihan?

Terdapat sebuah penelitian penelitian berdasarkan The New Journal of Medicine. Di sana ditemukan beberapa  fakta, bahwa keguguran bisa saja terjadi karena terlalu banyak minum kopi. HA ini pun dibuktikan pada sebuah penemuan berdasarkan 562 wanita hamil yang menjadi partisipan survei. Ternyata kafein yang terdapat pada minuman kopi juga diduga sebagai salah satu penyebab keguguran jika dikonsumsi berlebihan.

Mengapa hal itu dapat terjadi dan minum kopi saat hamil sangat berbahaya? Hal ini dikarenakan dengan adanya kafein di dalam kopi, senyawa tersebut dapat masuk dan menembus plasenta bayi dan akan memberikan risiko yang cukup serius bagi ibu hamil.

2019-08-27T09:10:08+00:00

Leave A Comment