Harga Kopi Beserta Beragam Varian Kopi Puntang

/, Coffee/Harga Kopi Beserta Beragam Varian Kopi Puntang

Harga Kopi Beserta Beragam Varian Kopi Puntang

Kopi merupakan komoditi yang cukup menjanjikan pada era milenial ini. Akan tetapi, harus diketahui bahwa penjualan kopi juga akan berubah sewaktu-waktu tanpa kita tahu sebelumnya. Seperti yang dilansir dari  salah satu media daring, harga kopi tahun 2018 lalu mengalami beberapa perubahan. Memang kenyatannya kopi Indonesia selama ini mendapati sorotan yang cukup di mata dunia. Tentu hal ini sangat menguntungkan bagi perkembangan industri kopi di Indonesia.

Faktor Penentu Harga Kopi

harga kopi

Ada beberapa hal yang menjadi faktor penentu mahal atau tidaknya harga kopi, di antaranya adalah:

1. Perawatan Tanaman Kopi

Ketinggian penanaman merupakan salah satu alasan berpengaruhnya harga yang ditawarkan pada kopi tertentu. Meskipun anggapan tersebut sebetulnya bisa saja keliru. Barangkali, kebanyakan orang menyangka bahwa kopi yang baik adalah kopi yang ditanam di ketinggian sekian mdpl (kebanyakan lebih dari 1000 mdpl).

Ternyata, kualitas kopi tidak cukup hanya ditentukan dari ketinggian berapa kopi ditanam. Contohnya, benar adanya jika kopi arabika akan tumbuh dengan baik pada ketinggian lebih dari 1000 mdpl, akan tetapi secara alami ternyata jenis kopi itu juga dapat tumbuh dengan baik dibeberapa daerah yang kurang dari 1000 mdpl.

Yang benar adalah, citarasa kopi sangat terpengaruh oleh cara perawatan kopi tersebut. Selain itu, iklim dan kesuburan tanah juga salah satu penentu kualitas kopi. Dalam arti lain, tanaman kopi yang tumbuh di ketinggian 1500 mdpl pun, jika tidak mendapat perwatan yang baik tidak akan menumbuhkan biji-biji kopi yang baik pula. Maka dari itu, perwatan tanaman kopi dapat menjadi faktor yang memengaruhi harga kopi.

2. Citarasa dari Kopi

Tentu saja citarasa adalah hal pertama yang dicari oleh para penikmat kopi. Kopi dengan rasa yang nikmat dan unik tentu akan mendapatkan hati para pencintanya. Hal yang keliru dalam hal ini biasanya adalah perbedaan jenis kopi arabika dan robusta (yang umum di Indonesia).

Banyak yang beranggapan bahwa kopi arabika lebih baik dari kopi robusta. Faktanya tidak demikian. Semua tergantung selera dan tak ada yang dapat memaksakan selera yang dimiliki tiap orang.

Sama halnya dengan apa yang telah dijelaskan tadi, bahwa ketinggian tidak akan memengaruhi nikmat atau tidaknya rasa kopi. Begitu pula antara arabika dan robusta, jenis kopi tersebut tak menentukan  rasa yang dihasilkan dari kopi. Tentunya, jenis kopi (arabika dan robusta) juga bukan faktor penentu harga kopi, malainkan citarasa dari kopinya.

Harga Kopi Puntang

harga kopi

Bagi pencinta kopi, tentu kopi puntang merupakan salah satu kopi  yang populer dan banyak sekali penikmatnya. Ada beberapa varian kopi puntang yang juga memiliki kenikmatan tersendiri, di antaranya:

  • Arabika Sunda Typica : Kopi Arabica Sunda Typica ini berasal dari arabika sunda yang masuk ke dalam varietas kopi asli gunung Puntang yang dihasilkan dari cerry terbaik dengan kematangan yang begitu sempurna. Harga kisaran kopi ini dalah Rp.75.000 per 100 gram.
  • Arabica Puntang Wine: Kopi arabicaa puntang wine yang satu ini memiliki karakter yang unik berdasarkan dari aromanya. Kopi ini diproses dengan sangat telaten untuk menciptakan rasa arabika yang khasa. Dibandrol tiap 100 gram-nya Rp. 65.000
  • Single Origin Mix Varietas: Single Origin Mix Varietas merupakan kopi yang diolah dari biji kopi asli pilihan. Rasa dari kopi tersebut sangat unik dan sangat baik untuk dicoba, apalagi bagi pencinta kopi yang suka dengan rasa baru kopi. Harga dari Single Origin Mix Varietas adalah sekitar Rp. 45.000.
  • Arabica Peaberry: Berasal dari biji kopi yang diolah dengan tepat, kopi Arabika Peaberry ini merupakan kopi yang tepat untuk dinikmati para pencinta kopi. Harga yang ditawarkan untuk kopi ini adalah sekitar Rp. 65.000.
  • Espresso Origin: Jika Anda senang dengan kesederhanaan, kopi Espresso Origin wajib Anda nikmati. Lewat kopi ini, keaslian citarasa kopi espresso dapat tersaji dalam satu cangkir. Harga kopi Espresso Origin adalah Rp.35.000.
  • House Blend: House Blend merupakan kopi racikan antara biji-biji kopi asli terbaik dan berkualitas. Memiliki citarasa yang berani dan nikmat. Anda dapat menikmatinya dengan hargaRp. 30.000.
  • Robusta Fruitty: Setiap kopi memiliki citarasa yang berbeda-beda, Robusta Fruitty ini contohnya. Kopi yang satu ini memang banyak digemari karena ciarasa fruity-nya yang kuat. Citarasa yang seperti ini membuat kopi terasa sedikit manis. Harga Robusta Frutty ini berkisar Rp. 35.000 per 100 gram.
  • Robusta Ganola: Jika Anda pencinta kopi robusta asli tanpa campuran tentu Robusta Ganola ini harus Anda coba. Harga kopi ini dibandrol sekitar Rp. 25.000 per 100 gram.
2019-04-03T08:18:56+00:00

Leave A Comment