Jenis-Jenis Gelas dan Cangkir untuk Sajian Kopi

//Jenis-Jenis Gelas dan Cangkir untuk Sajian Kopi

Jenis-Jenis Gelas dan Cangkir untuk Sajian Kopi

Sebetulnya, apakah gelas dan cangkir kopi itu sendiri sangat berpengaruh terhadap sajian kopi yang dinikmati? Ternyata pada dasarnya citarasa kopi juga dapat ditentukan dari penggunaan gelas ataupun cangkir yang dipakai. Selain itu, hal tersebut akan sangat memengaruhi tampilan serta penyajian kopi itu sendiri sehingga bisa dinikmati dengan lebih bersemangat.

Jadi apa saja jenis gelas dan cangkir kopi yang selalu digunakan untuk menghidangkan minuman unik yang satu ini?

1. Gelas dan Cangkir Kopi dari Bahan Plastik

gelas kopi plastik

Menggunakan gelas atau cangkir dari plastik untuk sajian kopi memang tidak terlalu bagus. Hal ini dikarenakan ada beberapa kandungan bahan plastik yang jika dikenakan dengan air panas dengan suhu tertentu tidak baik untuk konsumsi.

Namun, tak jarang pula penggunaan gelas atau cangkir plastik tersebut digunakan untuk menyajikan kopi. Biasanya, gelas jenis ini hanya digunakan sebagai alternatif jika tidak ada cangkir atau gelas yang lebih aman.

2. Gelas Kerta Sekali Pakai

gelas kopi kertas

Gelas kertas sekali pakai ini juga sering digunakan untuk menyajikan kopi. Biasanya penggunaan jenis gelas yang satu ini dilakukan di berbagai kedai kopi untuk pembelian kopi yang ingin dibawa pulang.

Namun, sama halnya dengan gelas dari bahan plastik, bahan yang satu ini juga cukup berisiko untuk kopi yang dikonsumsi dengan mengan menggunakan galas kopi kertas. Biasanya gelas kertas yang tidak memenuhi syarat memiliki tekstur yang lemas, jadi setelah dituangkan air, gelas akan berubah bentuk dengan mudah.

3. Gelas dan Cangkir Kopi dari Logam atau Steinless Steel

Jenis gelas dan cangkir kopi yang bisa digunakan selanjutnya adalah cangkir dengan bahan logam atau stainless steel. Ternyata, gelas ataupun cangkir dari bahan yang satu ini mampu menahan panas kopi dengan baik.

Bahan gelas yang satu ini juga menjadikan panas kopi bisa bertahan lebih lama. Kekurangan menggunakan gelas atau cangkir yang satu ini adalah membuat aroma kopi sedikit memudar dan justru membuat aroma besinya akan muncul ketika Anda menyeduh minuman Anda dalam suhu air yang sangat panas.

4. Cagkir Kopi dari Kaleng atau Seng

cangkir kopi seng

Pada zaman dulu orang-orang suka menyeduh kopi dengan menggunakan gelas kaleng atau seng. Material yang satu ini dikenal sebagai bahan yang dapat bertahan dari panas dan dingin. Selain itu, bahan ini pun tidak akan pecah, melainkan hanya penyok di beberapa bagian. Beberapa desainnya cangkir bahan seng menjadika kopi yang Anda nikmati identik dengan gaya vintage.

5. Gelas dan Cangkir Kopi dari Kaca

gelas dan cangkir kopi kaca

Gelas dan cangkir kaca sangat cocok digunakan untuk sajian kopi yang Anda nikmati. Tidak hanya itu, kopi dapat disajikan dengan tanpa menganggu cita rasa asli dari kopi tersebut pada saat diseduh menggunakan gelas kaca.

Hal ini dikarenakan bahan kaca tidak akan mendatangkan rasa dan aroma tambahan seperti bahan plastik, kertas, dan juga logam. Sehingga Anda dapat menikmati rasa kopi yang sempurna. Namun, bahan kaca juga akan kurang baik saat digunakan untuk menyeduh panas, karena bisa pecah bila tekanan suhu terlalu tinggi.

6. Gelas dan Cangkir Keramik

cangkir keramik

Menggunakan gelas dan cangkir kopi berbaha keramik dianggap sebagai pilihan yang paling tepat untuk menyajikan kopi yang akan Anda nikmati. Hal ini karena bahan keramik dapat menahan panas, juga menjaga cita rasa dan aroma asli dari kopi. Biasanya, pada gelas ataupun cangkir dari bahan keramik terdapat pegangan pada sehingga membuat sensasi ngopi lebih terasa.

 

2019-08-27T02:35:25+00:00

Leave A Comment