Keunikan Rasa Iced Coffee untuk Dinikmati

//Keunikan Rasa Iced Coffee untuk Dinikmati

Keunikan Rasa Iced Coffee untuk Dinikmati

Es kopi merupakan salah satu minuman olahan kopi yang tak kalah populer dengan yang lainnya. Minuman yang satu ini begitu dering disajikan dalam menu pilihan berbagai kedai kopi yang ada di kota-kota. Lalu, mengapa minuman tersebut juga cukup populer dan serta banyak diminati oleh beberapa pencinta minuman olahan kopi itu sendiri? Dan apa yang menjadikan es kopi itu sendiri menjadi salah satu jenis minuman yang cukup unik?

Asal Mula Pembuatan Es Kopi

pembuatan es kopi

Salah satu minuman olahan kopi yang tak kalah populer dengan jenis olahan kopi lainnya adalah es kopi. Seperti halnya namanya, minuman yang satu ini merupakan minuman kopi yang disajikan secara dingin atau ditambah es batu dalam pengolahannya.

Minuman yang satu ini sebenarnya minuman yang terbuat dari kopi biasa. Atau bisa juga berasal dari espresso sebagai bahan dasarnya.

Minuman kopi tersebut pertama kali dibuat di negara Prancis yang disebut mazagran, yaitu minuman kopi dingin yang diracik dengan campuran air soda.

Yang Unik dari Minuman Kopi Ini

keunikan es kopi

Untuk membuat es kopi dengan menggunakan metode tradisional salah satunya adalah dengan merendam biji kopi yang telah digiling semalaman. Kemudian pada keesokan harinya air tersebut dituang ke gelas dan didinginkan. Sementara untuk pembuatan dengan metode modern dilakukan hanya dengan membuat kopi panas dan menambahkan es batu. Cara modern tentunya lebih sederhana.

Terdapat banyak variaan dari olahan minuman yang satu ini, di antaranya:

  • Es Latte => Kopi susu dengan rasio atau perbandingan anatar kopi dan susu tertentu yang ditambahkan dengan es batu untuk mendinginkannya.
  • Es Cappuccino => Minuman olahan kopi yang memiliki komposisi dan formula yang sama dengan cappuccino, hanya saja ditambahkan es untuk mendapatkan sensasi yang dingin.
  • Es Mocha =>Minuman kopi berupa mocha (campuran esspresso, coklat, dan susu) lalu ditambahkan es supaya terkesan lebih segar.

Di samping minuman olehan  yang disebutkan tadi, ada salah satu olahan kopi yang begitu familier bagi para pencinta kopi, yaitu Frappuccino. Minuman kopi tersebut dijual oleh salah satu perusahaan atau kafe yang menyajikan banyak olahan minuman kopi paling terkenal.

Es kopi merupakan minuman yang cukup unik karena tidak seperti olahan kopi pada umumnya yang menggunakan air panas untuk pengolahan dan penyjiannya. Minuman yang satu ini malah menggunakan es dalam penyajiannya.

Seperti Apa Pembuatannya?

bahan pembuatan es kopi

Bahan pembuatannya sebetulnya hampir sama dengan minuman olahan kopi pada umumnya. Akan tetapi, yang membedakannya dengan yang lainnya adanya es dalam penyajiannya. Sehingga, kopi yang disajikan tidak panas, sebaliknya es kopi ini disajikan dengan kondisi dingin.

Tapi apa saja bahan pembuatan jenis minuman tersebut?

1. Gula Aren atau Palm Sugar

Tidak seperti minuman kopi pada umumnya, pembuatan es kopi itu sendiri menggunakan gula aren atau palm sugar. Jenis gula aren itu sendiri mengandung 15 kalori dalam tiap sendok tehnya.

Maka dari itu, dalam tiap minuman yang disajikan diperkirakan terdapat kandungan tambahan kalori sebanyak 15-50 kalori hanya dari gulanya saja. Bagi Anda yang memiliki riwayat  diabetes dalam tentu tidak disarankan.

2. Susu Skim

Bahan selanjutnya yang digunakan untuk membuat minuman kopi tersebut adalah susu skim. Walaupun tidak semua jenis es kopi menggunakan bahan yang satu ini.

Dalam satu  porsi susu skim itu rata-rata mengandung sekitar 80 kalori saja. Kamu juga bisa memililh susu almond untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari kacang almond untuk membuat minuman ini.

2019-08-27T07:29:14+00:00

Leave A Comment