Efek Negatif Jika Mengkonsumsi Kopi Secara Berlebihan

//Efek Negatif Jika Mengkonsumsi Kopi Secara Berlebihan

Efek Negatif Jika Mengkonsumsi Kopi Secara Berlebihan

 

Kopi adalah minuman yang kepopulerannya telah mendunia sejak jaman dahulu. Namun ada beberapa efek samping kopi yang menuntut anda tidak boleh mengkonsumsi berlebihan. Menurut para ahli kesehatan, kopi mengandung senyawa kafein berbentuk kristal yang memiliki rasa pahit dan bekerja menghasilkan psikotonik yang kuat dan diuretik ringan. Meminum kopi juga menjadi kebiasaan yang sulit ditinggalkan bagi sebagian orang. Tidak hanya nikmat dan memberikan rasa hangat, namun kopi juga bisa mengurangi rasa kantuk yang datang. Namun di balik kenikmatan dan kehangatannya, ada efek samping yang dapat anda rasakan usai mengkonsumsinya.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa kopi memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun meski demikian, anda tidak bisa menikmati kopi sesuka hati. Jika dikonsumsi secara berlebihan, kopi malah justru akan menimbulkan efek samping bagi tubuh.

Efek Samping Kopi Jika Konsumsi Kafein 400mg Per Hari

efek samping kopi

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi atau kafein dalam sehari tidak boleh lebih dari 400 mg atau dua cangkir. Konsumsi kopi secara berlebihan dikhawatirkan akan memicu beberapa masalah kesehatan. Berikut ini adalah beberapa efek samping dari kopi.

  1. Asam Lambung

Orang yang mengkonsumsi kopi dengan dosis yang berlebihan, maka orang tersebut akan sering mengalami kegelisahan, selain itu kadar keasaan kopi juga dapat meningkatkan asam lambung pengkonsumsinya.

  1. Insomia

Kopi memang familiar dapat membuat pengkonsumsinya mengusir kantuk. Mungkin jika dikosnumsi pada waktu siang hari tidak apa-apa, namun jika minum kopi pada malam hari tentu akan memberikan efek samping untuk kesehatan karena dapat mengurangi kualitas tidur akibat insomnia.

  1. Hipertensi

Efek samping kopi yang lain adalah dapat berdampak pada sistem kardiovaskuler tubuh seperti adanya peningkatan denyut jantung yang memicu meningkatnya tekanan darah. Maka penderita hipertensi tidak diperbolehkan mengkonsumsi kopi secara berlebihan.

Hindari Minum Kopi Dalam Kondisi Perut Kosong

efek samping kopi

Anda tidak disarankan untuk meminum kopi dengan kondisi perut kosong. Karena akan ada efek samping kopi ketika dikonsumsi saat perut dalam kondisi kosong itu berbahaya.

Karena mengkonsumsi kopi saat perut kosong dapat meningkatkan keasaman di lambung. Tingginya asam lambung akan menimbulkan rasa mulas dan gangguan pencernaan lainnya sepanjang hari. Dalam kasus yang lebih parah, bisa memicu maag, sindrom iritasi usus, dan gangguan refluks asam.

Menurut penelitian dari American Chemical Society, minum kopi saat perut kosong merupakan musuh bagi saluran pencernaan. Kopi yang mengandung kafein bersifat diuretik yang dapat menyebabkan dehidrasi, hingga sembelit. Kafein juga dapat memicu stres dan rasa cemas. Hal ini terjadi karena kafein di pagi hari sebelum sarapan, dapat menghambat produksi serotonin. Serotonin sendiri merupakan neurotransmitter yang berkaitan dengan rasa senang, bahagia, atau kesejahteraan.

Konsumsi Kopi Tidak Disarankan Untuk Ibu Hamil

ibu hamil konsumsi kopi

Selain tidak disarankan untuk dikonsumsi ketika kondisi perut kosong, kopi juga tidak diperkenankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Sebab efek samping kopi bagi ibu hamil adalah adanya 2 alasan yang cukup penting. Yaitu karena kafein dalam kopi bisa meningkatkan detak jantung bayi yang belum lahir.

Selain itu, para peneliti juga tidak menyarankan kopi dikonsumsi selama hamil karena dapat meningkatkan risiko keguguran. Sedangkan dalam sebuah penelitian yang berbeda, batas kafein harus dibatasi yakni hingga 200 miligram per hari selama masa kehamilan atau setara dengan 1 hingga 1 1/2 cangkir kopi per hari.

2019-05-17T06:41:02+00:00

Leave A Comment