Singel Origin atau Coffee Blending?

//Singel Origin atau Coffee Blending?

Singel Origin atau Coffee Blending?

Coffee blending adalah proses pencampuran kopi untuk mendapat hasil yang diinginkan. Namun ada dua proses semacam ini, yakni Singel origin dan coffee blending, dua hal ini akan menjadi pilihan untuk meracik kopi yang miliki khas tersendiri. Setiap orang memiliki selera yang berbeda untuk menikmati kopi. Ada yang menyukai rasa kopi asli, spesifik dan alami. Ada juga yang ingin mencari sensasi lain dengan mencampurkan beberapa jenis kopi untuk menemukan kombinasi rasa yang lebih sempurna.

Coffee blending banyak dilakukan oleh para roaster untuk mendapatkan hasil kopi yang miliki karakter lengkap. Misalnya mencampurkan beberapa biji kopi dari berbagai daerah agar mendapatkan rasa yang lebih enak, aroma yang lebih sedap, dan kadar kafein yang tidak terlalu tinggi. Mereka juga memiliki cara khusus untuk melakukan coffee blending dengan tujuan mendapatkan hasil yang sempurna.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Akan Lakukan Coffee Blending

coffe blending

1. Menetapkan tujuan rasa

Hal ini penting dilakukan sejak awal agar roaster dapat memiliki tujuan rasa apa yang diinginkan. Proses coffee blending dilakukan karena ada cita rasa yang ingin diciptakan. Meramu beberapa jenis kopi untuk menghasilkan varian baru yang lebih sempurna dalam komposisinya.

2. Jenis kopi

Pemilihan jenis kopi yang tepat menjadi penting dilakukan ketika akan mencampur kopi. Beberapa ahli roaster berpendapat untuk tidak mencampur lebih dari 4 jenis kopi. Hal ini akan menimbulkan karakter kopi yang rumit sehingga akan sulit untuk dinikmati oleh konsumen.

3. Stok biji kopi

Memperhatikan stok biji kopi bukan hanya pada jumlahnya saja, tapi juga terhadap jenis kopi yang tersedia. Setiap biji kopi tentu memiliki ciri khas tersendiri. Ada beberapa jenis yang akan saling melengkapi, tetapi ada juga yang dapat menjadi berlawanan sehingga menghasilkan kopi yang kurang baik. Pastikan untuk melakukan coffee blending dengan jenis kopi yang cukup stoknya agar dapat memenuhi permintaan konsumen.

4. Peralatan yang digunakan

Alat yang digunakan pada saat roasting kopi untuk dicampur akan berpengaruh pada tekstur kopi yang dihasilkan. Alat yang modern tentu akan menghasilkan coffe blending yang lebih sempurna dan lebih cepat dalam jumlah yang banyak. Sedangkan proses tradisonal akan memakan waktu yang cukup lama dan butuh perhatian ekstra agar kematangannya dapat merata dan sempurna.

Waktu untuk Coffee Blending

waktu coffe blending

Proses blending dapat dilakukan sebelum ataupun sesudah roasting. Beberapa roaster memiliki cara tersendiri untuk mencampurkan setiap biji kopi pilihannya. Adapun hasilnya akan kembali pada pendapat dan selera para penikmat kopi yang berbeda.

Beberapa ahli blending mengatakan bahwa pencampuran yang dilakukan sebelum roasting akan menimbulkan rasa unik. Hal ini disebabkan karena pencampuran sempurna terjadi secara bersamaan pada saat roasting berlangsung. Selain itu, warna yang dihasilkan pun cenderung sama karena berbagai jenis itu mendapat perlakuan yang sama selama roasting.

Sedangkan beberapa ahli lainnya juga berpendapat bahwa proses pencampuran sebaiknya dilakukan dalam wadah dan waktu yang berbeda. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan aroma dan rasa asli dari setiap jenis kopi yang dipilih. Pada akhirnya proses coffee blending ini akan kembali pada selera dan imajinasi para roaster itu sendiri.

Lebih Baik Singel Origin atau Coffee Blending?

single origin

Setiap orang akan memiliki seleranya masing-masing. Bagi orang yang ingin menikmati aroma kopi asli dengan khas alaminya, tentu akan lebih memilih singel original. Sedangkan untuk orang yang inginkan sensasi lain akan memilih memblending kopi. Bagaimana dengan Anda?

2019-06-28T08:23:58+00:00

Leave A Comment